Senin, 03 Mei 2010

Pendidikan Karakter dan Siswa Berprestasi

Hari Pendidikan Nasional tahun 2010 ini mengambil tema “Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa”. Apakah yang dimaksud dengan karakter itu ? Karakter dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk secara bebas mengatasi keterbatasan kondisi yang dihadapinya.

Mengapa pendidikan karakter perlu ? Karena, melalui pendidikan karakter anak didik dilatih untuk mengenali keterbatasan diri, potensi-potensi, serta kemungkinan-kemungkinan bagi perkembangan dirinya. Menurut Pengamat sosial-ekonomi Drs. Kresnayana Yahya, M.Sc., anak didik perlu dibekali dengan pendidikan karakter, di antaranya mereka harus dapat aktif beradaptasi, berani mengambil keputusan, belajar bertanggung jawab, fokus dalam satu ketrampilan, dan sebagainya.

Orang yang berkarakter kuat akan mampu membangun dan merancang masa depannya sendiri. Ia tidak mau dikuasai oleh kondisi yang dapat menghambat pertumbuhannya. Karakter yang berkualitas adalah sebuah respon yang sudah teruji berkali-kali dan telah menghasilkan kemenangan. Seseorang yang berkali-kali melewati kesulitan dengan kemenangan akan memiliki kualitas yang baik. Tidak ada kualitas yang tidak diuji dan jika seseorang berhasil melewatinya, bukan hanya sekali tapi berkali-kali, maka kita akan memiliki kualitas tersebut.

Oleh karena itulah, guna menghadapi tantangan masa depan, pendidikan karakter akan jauh lebih penting dibanding pendidikan (keahlian). Pendidikan karakter lebih cocok untuk masa depan karena tak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, karena peluang masa depan tidak sama dengan sekarang. Maka, jika generasi muda sudah memiliki karakter yang kuat mereka pasti siap menyongsong perubahan yang ada di depan mereka.

Anak-anak yang telah membangun karakternya akan tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang berhasil. Oleh karena itulah, seiring dengan tema Hari Pendidikan Nasional 2010 ini Pemerintah Kota Madiun memberikan penghargaan kepada siswa-siswa berprestasi dan juga sekolah berprestasi di tahun 2010. 

Daftar siswa berprestasi yang mendapat penghargaan adalah :
  1. Aditya Yanuar Dwi Praditya  (SMKN 1 Madiun)  -->  Juara I Lomba CNC Milling pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  2. Andik Fathur Rokim  (SMKN 1 Madiun)  -->  Juara I Lomba Fisika Terapan pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  3. Kunto Arief Wibowo  (SMKN 1 Madiun)  -->  Juara III Lomba Debat Bahasa Inggris Klp. Teknologi pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  4. Muhamad Vista Nurhasan  (SMKN 1 Madiun)  -->  Juara III Lomba Debat Bahasa Inggris Klp. Teknologi pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010  
  5. Nanda Firsta Perdamenta  (SMKN 1 Madiun)  -->  Juara III Lomba Debat Bahasa Inggris Klp. Teknologi pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  6. Agung Eko Wahyu Saputro  (SMKN 1 Madiun)  -->  Juara Harapan I Lomba Mobile Robotic pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  7. Nanang Warihandoko  (SMKN 1 Madiun)  -->  Juara Harapan I Lomba Mobile Robotic pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  8. Hapid Yusuf  (SMKN 1 Madiun)  -->  Juara Harapan I Lomba Industrial Control pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  9. Rima Melati  (SMKN 3 Madiun)  -->  Juara I Lomba Chemistry pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  10. Luthfi Hanifah  (SMKN 4 Madiun)  -->  Juara III Lomba Restaurant Service pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  11. Deby Kumalasari  (SMKN 4 Madiun)  -->  Juara II Lomba Debat Bahasa Inggris Klp. Pariwisata pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  12. Yovy Kurniawati   (SMKN 4 Madiun)  -->  Juara II Lomba Debat Bahasa Inggris Klp. Pariwisata pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  13. Wanda Ayu Permata Putri  (SMKN 4 Madiun)  -->  Juara II Lomba Debat Bahasa Inggris Klp. Pariwisata pada LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010
  14. Saukhi Abdul Rahman  (SMPN 2)  -->  Juara III Matematika Tingkat Nasional RSBI
  15. Akbar Ardan  (SDN Madiun Lor 2)  -->  Lomba Renang Juara II Gaya Bebas Dada 100 meter putra
  16. Arsina Yumarianin P. (SDN Mojorejo 2)  -->  Lomba Renang Juara II Gaya Dada Kupu-kupu 100 meter putri
  17. Zulfa Majidah  (TK Pembina)  -->  Lomba Melukis Peringkat IV se Jawa Timur
  18. Leona Tiara Samudra  (TK Mitra Harapan)  -->  Lomba Menyanyi Peringkat II se Jawa Timur
Daftar prestasi yang diperoleh oleh sekolah pada tahun 2010 adalah sebagai berikut :
  • Nilai Ujian Nasional rata-rata tertinggi se-Jawa TImur diraih oleh SMK Bina Farma Madiun
  • Juara I Lomba Lingkungan Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur diraih oleh SMPN 7 Madiun
  • Juara Harapan I Lomba Lingkungan Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur diraih oleh SMKN 3 Madiun
  • Juara Adhiwiyata Tingkat I Jawa Timur diraih oleh SMPN 7 Madiun 
  • Masuk 6 besar Lomba Gugus TK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2010 atas nama Gugus II Kec. Manguharjo dengan TK Inti (TK Bhayangkari 53) dan TK Imbas adalah TK YWKA dan TK Rejoagung.
Semoga akan lebih banyak lagi prestasi yang diraih dari dunia pendidikan di Kota Madiun, baik itu lewat siswa-siswi maupun dari guru-guru dan sekolahnya. Amin.


24 komentar:

  1. Selamat hari pendidikan, semoga pendidikan diIndonesia bertambah baik.

    *Mba, daftarnya lengkap banget, terimakasih ya...

    BalasHapus
  2. Tylisan mantap dan sangat informatif. He, baru saya nyadar kala baru Hari Pendiidkan Nasional. Di tengah situasi hasil UAN yang sedang hangat dibicarakan ini, saya cuma bisa melepaskan doa, semoga mutu pendiidkan Indonesia ke depannya semakin membaik.

    BalasHapus
  3. Wah,, tingkat Madiun yah sob .. hebat2 putranya .. )

    BalasHapus
  4. jaman aku sekolah prestasinya cuma raportku punya warna laen selain hitam, alias kebakaran hehe

    BalasHapus
  5. pendidikan di negeri ini memang membingungkan :(

    BalasHapus
  6. selamat buat semua..semoga terus berprestasi...

    BalasHapus
  7. yang lainnya harus pada nyusul tu. biar pendidikan berkualitas benar2 menyebar untuk semua

    BalasHapus
  8. selamat hari pendidikan, moga majulah bangsaku...

    BalasHapus
  9. duh komplit deh mbak.. salute

    BalasHapus
  10. Mbak, aku nggak mengerti hubungan antara pendidikan karakter dengan daftar murid berprestasi di atas. Memangnya murid-murid itu sudah dibuktikan bahwa selain berprestasi mereka juga berkarakter kuat?

    BalasHapus
  11. banyak sekali yg udah berprestasi ya
    semoga tahun depan bertambah ^^
    salut sama anak indo yg pintar"

    BalasHapus
  12. selamat hari pendidikan nasional sis.Semoga anak anak Indonesia semakin maju dan berprestasi.

    BalasHapus
  13. Sepakat mbak, pendidikan karakter sangat penting karena karakter akan membuat siswa percaya diri, jujur, kreatif, produkstif dan inovatif...

    Mengenai contoh komentar berbeda, mbak bisa lihat pada jawaban komentar saya, baik di SC maupun di Sastra Culun

    BalasHapus
  14. informasi yang mantab nih mbak... makasih ya untuk semangatnya... salam kasih...

    BalasHapus
  15. karakter ntu pembentuk kepribadian,semakan awal ditmukan akan semakin bagus,anak jd cepet dewasa. gitu kan mbak :P

    BalasHapus
  16. selamat buat para siswa yang berprestasi ya

    BalasHapus
  17. @vicky > menurutku, anak2 yg bisa berprestasi itu adalah contoh kecil dari anak2 yg bisa mengalahkan kondisi yg menghambat (spt kemalasan, kebosanan, keterbatasan waktu dll) utk meraih keberhasilan. Setidaknya mereka telah mulai membentuk karakter mereka agar makin kuat utk menghadapi tantangan yg lebih besar di masa yad.
    Selain itu, momen pemberian penghargaan bagi siswa yg berprestasi memang paling pas diberikan pada saat perayaan hari pendidikan nasional (yg kebetulan temanya tentang pendidikan karakter itu tadi)..
    Itu menurutku lho.. ^_^

    BalasHapus
  18. yang penting maju teru pelajar2 indonesia

    BalasHapus
  19. tambah berat deh tugas yang diemban oleh guru

    BalasHapus
  20. mari bersama-sama memajukan Pendidikan Indonesia dengan peran serta aktif orang tua dirumah untuk membimbing putra putri kita

    BalasHapus
  21. selamat hari pendidikan nasional

    BalasHapus
  22. ya kalo dipikir-pikir. generasi muda ataupun orang-orang negeri ini sudah gag berkarakter pancasila lagi..
    ;(

    BalasHapus
  23. wah mbak dah lama gak kesini..udah ganti tema..bagus lo mbak temanya..hehe..

    selamat hari pendidikan juga!

    saya setuju banget mbak pendidikan karakter di era sekarang ini jauh lebih penting. Banyak banget orang pinter namun karakternya tidak sepinter akademinya. Sayangnya pendidikan di Indonesia belum mengarah kepada pendidikan ini, walaupun ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan

    BalasHapus
  24. wah...nama saia ada disana
    trimakasi buu

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)