Senin, 14 Maret 2011

Moderasi komentar

Ternyata postinganku yang berjudul Macam Kotak Komentar mendapat banyak tanggapan dari sahabat blogger. Yang paling banyak ditanggapi adalah soal moderasi komentar. Mayoritas memaklumi jika beberapa blogger melakukan moderasi terhadap komentar yang masuk. Sebagian kecil mengatakan moderasi itu ribet dan membuat malas untuk berkomentar

Sebagian yang lain mempermasalahkan soal verifikasi kata. Hampir semuanya mengatakan sebel banget jika harus 'bertemu' dengan verifikasi kata saat hendak berkomentar. But it's oke... semua itu adalah hak pemilik blog masing-masing kan? Dengan adanya verifikasi kata ataupun moderasi komentar, tentunya si pemilik blog sudah siap dengan konsekuensinya masing-masing.

Dulu aku ragu-ragu untuk memasang moderasi komentar karena tak yakin bisa rajin memeriksa komentar-komentar yang masuk kotak moderasi. Namun, setelah aku punya HP yang bisa kugunakan untuk ngecek komentar-komentar masuk maka aku pun pasang moderasi komentar. Yang penting, komentar-komentar yang masuk bisa sesegera mungkin aku tampilkan, meskipun aku belum bisa blogging.

Memang semua pilihan ada plus minus-nya. Begitu juga dengan moderasi komentar. Berikut ini adalah plus minus dipasangnya moderasi komentar pada sebuah blog.

Kelemahan moderasi komentar
  • Jika terbiasa meninggalkan banyak komentar dengan menggunakan nama dan akun yang berbeda-beda (seperti yang biasa aku lakukan), seringkali lupa akun mana yang sudah dan mana yang belum karena komentar tak langsung terlihat (dan ini sering terjadi padaku hehehe).
  • Harus rajin online, agar komentar yang masuk bisa segera dipublish
  • Yang meninggalkan komentar ragu-ragu apakah komentarnya masuk atau tidak, apalagi jika tidak ada tulisan "tulisan akan terlihat setelah disetujui"
  • Bagi yang datang pertama kali dan tak tahu jika komentarnya dimoderasi terkadang menulis komentar yang sama berulang kali, karena mengira komentar gagal terkirim.
  • Jebakan bagi yang suka nulis komen "pertamaxx" hehehe... (padahal di kotak moderasi udah numpuk komentar yang masuk)

Keuntungan moderasi komentar
  • Bisa menghindari spam dan bomber comment
  • Bisa mengetahui jika ada yang memberikan komentar terhadap tulisan-tulisan lama kita. Aku seringkali surprise menemukan komentar baru yang masuk terhadap tulisanku beberapa bulan yang lalu..!
  • Bisa mengetahui semua komentar-komentar baru yang masuk dengan hanya melihat dari satu kotak saja (kotak moderasi komentar maksudku), tanpa harus keluar masuk postingan satu per satu.

Mungkin penjelasanku membuat bingung ya? Soalnya aku tak tahu bagaimana menjelaskan hal itu supaya mudah dipahami. Nah.., ada agi yang mau menambahkan?

40 komentar:

  1. kalo saya paling benci yang pake verifikasi kata.. itu nambah kerjaaan saya... udah cape2 ngomen, disuruh pula ketik kata verifikasinya. untungnya blog ini enggga.. hehehehe

    BalasHapus
  2. karena keuntungan yg ke 2 dan 3 yg jadi alasan aku pake moderasi komentar itu, mbak.

    BalasHapus
  3. hehehehe wah kalo saya masih belum memakai moderasi juga.................soalnya koment yang masuk masih sedikit kok mba!!!!

    BalasHapus
  4. kalo aku takut sama bomber comment aja,soalnya udah pernah kena 100 bomber comment / menit ,effectnya loading blog jadi lama sekali..mungkin yg bomber comment itu cuma orang iseng aja gak da kerjaan,hihiih

    BalasHapus
  5. namanya juga personal blog, suka-suka yang punya rumah lah ya Mbak, mo dicet item, merah mo dikasih pintu ato terbuka.
    Tapi kalo liat dari kesimpulan Mbak Reni ternyata kelemahan ada 5 dibandingkan 2 keuntungannya hhhh

    BalasHapus
  6. Dulu saat pertama2 blogging,,saya sempet jenggel juga karena komentar yang saya kirim secara berulang gak ada kelihatan,,,kukira URL saya ada yang eror,,,tapi setelah aku tanya'in ma temen tentang masalah ini,,,barulah aku mengerti dan paham tentang yang namanya "Moderasi Komentar",,,,hehehheeee

    BalasHapus
  7. saya juga agak males kalo ada yang make verifikasi. tapi ya itu... itu kan hak setiap blogger.

    BalasHapus
  8. Aku belum ada moderasi komentar mba, abangku belum ajarin blogspot.
    aku pasang link blog ini ya di blogku.

    BalasHapus
  9. Selagi tak menyusahkan bisa dilakukan dengan senang hati mb...

    Saya skg lagi kesulitan kalau masuk komen ke Isti blog...verifikasi kata suka gak muncul jadinya saya gak bisa kasih komen lagi

    BalasHapus
  10. Iya. Itu adalah hak setiap blogger untuk memasang seperangkat peraturan dari blognya. Memang kadang menyulitkan pengunjung tapi harus tetap kita hormati

    BalasHapus
  11. bener banget mbak. memang segala keputusan moderasi komentar yang dipasang emang menimbulkan banyak kontranya.. ada keuntungan dan ada kelebihan.
    terlepas dari itu,, sebenernya kalo pembaca mau ninggalin komentar dan bener-bener niat.. maka rasanya tidak jadi masalah mau pake verifikasi atau nggak..

    #cuman ya kadang jaringan nggak dukung balik lagi --> bikin sebel.

    BalasHapus
  12. blog ku juga kubikin pake moderasi mbak...
    biar kebaca smua komen yg masuk...
    kalo gak gtu kadang komen di postingan2 lama suka gak kebaca...

    BalasHapus
  13. tetap pada pendirian ku.... mau moderasi ato nggak yg penting eksis.....

    BalasHapus
  14. iyah juga yah mbak, memang semua poin dan proses punya plus minusnya....

    Kalo temen2ku dulu suka protes kalo ada verifikasi kata. Bahkan dengan ingin memudahkannya, akhirnya aku menuruti untuk menghilangkan verifikasi kata.

    Alasan mereka sih, katanya mereka kan buka di mobile. Seneng sih kalo denger blog kita di baca pas senggangnya di hape, tapi karena buka di hape mereka enggan buka image yang tergambar kode itu, alhasil mereka deactivate gambar dan menyuruhku tak usah minta verifikasi kata. ^_^

    BalasHapus
  15. saya penginnya tidak dimoderasi karena memang ada yang pernah menyarankan demikian, tapi kenapa sampai sekarang tidak melakukan, saya sendiri tidak tahu Mbak. Tuhan belum mengijinkan mungkin

    BalasHapus
  16. hihii..
    klo chika alsannya karena gx bisa setiap saat online buat memoderasi :D

    BalasHapus
  17. Berkunjung mbak.. rumahnya dah baru ya?

    BalasHapus
  18. kalo aku nda di moderasi mbak.. :-)

    BalasHapus
  19. memang sejak aku pasang moderasi dan verfikasi, jumlah komentar menurun
    ga apa-apalah.
    sekarang aku tahu bahwa pengunjung blogku yg berkomentar adalah bener2 temen blog.
    bukan spammer.

    BalasHapus
  20. yang agak repot adalah jika ada word verification sedangkan verifikasi katanya nggak muncul, sehingga tidak bisa koment...

    BalasHapus
  21. yah.. itumah terserah yang mpunya rumah kan?.. hehe..

    BalasHapus
  22. Moderasi sangat penting sekarang banyak spam!

    BalasHapus
  23. klu aku sih emg pki moderasi...maklum waktu pertama buat blog aku di bantuin temanku "Hariyanti sukma" dan sudah begitu adanya.....jadi sampai skrng tetap dipakai..

    BalasHapus
  24. iya mbak... semua pilihan tentu ada resikonya...

    BalasHapus
  25. bagi yg suka balapan pertamax mesti hati2 kalau komentar dimoderasi.
    makanya kalau komen ya komen artikelnya aja, jangan balapan pertamax, hehe...

    BalasHapus
  26. kalau komen pakai moderasi ya jangan lagi pakai verifikasi kata, ribet kan?

    BalasHapus
  27. saya sih suka moderasi komentar mbak saya juga ngga keberatan kalau mampir ke teman2 lain dan diperlakukan sama... cuma verifikasi itu yang paling bikin sebel hahahhaa ngga bisa cepet deh jadinya kalau BW

    BalasHapus
  28. Saya termasuk orang yang senang mencoba hal-hal baru ( yang positif tentunya ), temasuk otak-atik kolom komentar seperti ini. Tapi terakhir saya lebih memilih tanpa moderasi dan tanpa veirifikasi.

    Bu, kemarin kirim email ya, tapi sudah saya cek kok nda masuk ya? coba kirim langsung ke abisabila@ymail.com jangan pakai form contact me

    BalasHapus
  29. dulu saya juga pake moderasi komentar mba, tp setelah ada beberapa komentar yg menyarankan untuk tdk pakai,..akhirnya aku lepas.

    gak keberatan juga menuliskan komentar di blog shbt yg dimoderasi. ini pilihan...dan saya menghormati pilihan setiap org. :)

    selamat malam mba....:)

    BalasHapus
  30. ata pake moderasi buat ngejaga dari spam. apalagi spam-spam yang emang berusaha menjatuhkan tuh bunda. tapi kalo verifikasi word emang agak ngeribetin makanya ata ga make ;D

    BalasHapus
  31. saya lebih suka tanpa moderasi, no ribet
    klo masalah spam serahkan saja ke askimet hehehhe..

    BalasHapus
  32. mulanya saya pakai moderasi buat blognya pat, tapi karna ga bisa selalu ol akhirnya moderasi saya cabut mbak

    BalasHapus
  33. Saya juga komentarnya pake Moderasi
    masalahe kadang ada yang nyusup2 tuh

    BalasHapus
  34. Hehehe gw mah Mba secara males tingkat tinggi jadi yah membiarkan ajah bagi penonton yang mo komen, tanpa moderasi :-)

    tapi semuanya kan berpulang kepada empunya blog. Untuk gw sendiri mo blog temen dikasih moderasi ato ga, yah gw akan tetap berkunjung

    BalasHapus
  35. Kalo verifikasi kata sih biar kotak komentar gak di spam,tp klo moderasi bkin cpek hrus login dulu ,gimana sih crnya ngilangin moderasi di blogspot,atu lg tau gak membuat kotak komentar kyak di wordpress jd g prlu akun sgla?

    BalasHapus
  36. wahh , ok juga nih. pingin pke moderasi aja deah..
    itu tergantung pada komentator aja..

    BalasHapus
  37. Menurut saya sih wajar wajar saja klo dimoderasi , mengingat banyaknya orang yg suka nyepam :-)

    BalasHapus
  38. makasih infonya,kunjungan balik sngat di tggu

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)