Jumat, 06 Agustus 2010

Gara-gara kecanduan buku

Apakah yang terjadi jika seseorang kecanduan buku ? Yang jelas, dia jadi lupa waktu. Itulah yang terjadi pada Shasa-ku. Jika sudah membaca buku bacaannya (di kamarnya), dia tak bisa diganggu, dan sulit untuk meninggalkan bukunya sebelum selesai dibaca. Bahkan, waktu belajarnya pun rela tersita oleh keasyikannya membaca buku.

Tentu saja hal itu membuat ayahnya sempat gusar. Ayahnya sudah meminta Shasa untuk mengurangi kegiatan membacanya dan lebih fokus pada pelajaran sekolahnya. Tapi, anjuran ayahnya itu tak mempan bagi Shasa, karena dia terlanjur kecanduan buku dan sulit meninggalkan buku-bukunya.

Setiap hari, masih saja Shasa asyik dengan buku-buku bacaannya. Buku-buku yang telah dan akan dibacanya berserakan di lantai kamarnya. Shasa memang lebih suka membaca di kamarnya, karena tak akan ada yang mengganggu. Dan yang pasti, karena di kamar Shasa bisa membaca dalam posisi yang disukainya : tengkurap di kasur...! Sulit sekali mengubah kebiasaan itu, setidaknya dia tidak mencontoh perilaku buruk ibunya yang lebih suka membaca buku sambil tiduran... hehehe.


Akibat dari tidak patuhnya Shasa atas anjuran ayahnya untuk lebih fokus pada pelajaran sekolahnya, akhirnya si Ayah terpaksa membuat peraturan baru. Aturan itu adalah : Shasa hanya boleh membaca buku-buku bacaannya pada hari Sabtu dan Minggu saja, selain hari itu Shasa hanya boleh membaca buku pelajaran. Bukan hanya itu, aku pun dilarang sering-sering membelikan Shasa buku bacaan baru lagi... Hikss...

Yup, aku akui... bahwa akhir-akhir ini (jika ada uang lebih) aku lebih suka membelikan Shasa buku baru. Aku malah jarang membeli buku untukku sendiri, karena aku sekarang lebih suka berburu buku gratis hehehe. Itu sebabnya, buku bacaan koleksi Shasa bisa dibilang cukup banyak. Jika ingin tahu buku-buku koleksi Shasa, silahkan klik tombol "tampilkan" di bawah ini.

buku pertama yang menarik minat membaca Shasa adalah Komik Doraemon

buku cerita anak dan dongeng

koleksi Kecil-Kecil Punya Karya

koleksi biografi tokoh terkenal

koleksi buku-buku pengetahuan

koleksi Chicken Soup for Children

buku-buku hadiah dari produk susu

buku-buku karya Enid Blyton

koleksi buku seri matematika

koleksi buku kisah Islami

koleksi buku 'budi pekerti' ala perpustakaan sekolah

koleksi novel anak Islam dan cerita anak Islam


Nah..., itulah koleksi buku-buku Shasa, yang meskipun sudah dibacanya tapi Shasa masih saja tetap rajin membaca ulang... hehehe. Bagaimana pengalaman sobat semua dengan buku ? Sharing dikotak komentar ya..? Terima kasih.

39 komentar:

  1. wuihhh . . .Banyaknya Ce' Gu . . . .

    :D

    BalasHapus
  2. seorang anak yang kecanduan buku adalah suatu cahaya bagi masa depan yang penuh dengan berbagai warna

    BalasHapus
  3. wah... dibatesin gitu.. apa gag berlebihan mba... hehehe
    tapi mungkin demi kebaikan kali ya... blum nyoba alternatif lain mba.. seperti sore belajar pelajaran di sekolah plus ngerjain PR n malem dia boleh baca bukunya..

    BalasHapus
  4. waaaawww, banyak banget bu :D

    BalasHapus
  5. insya Allah Sasha bakalan jadi anak genius. Ngikutin geng Bundanya kalee :)
    Salam sobat :)

    BalasHapus
  6. astaga O.o banyak benner.. aku iirrriiiiiii :'( pengen deh baca buku bacaan lagi, tapi pr-pr kuu~ T___T

    BalasHapus
  7. Hohoho...aku melihat ada komik Tintin juga diantara koleksi buku Shasa. Jadi sedih teringat pada koleksi Tintinku yang ancur-ancuran kebanyakan dipinjam teman, hiks...

    Eh iya, sekarang terbit lagi Lima Sekawan dengan cover baru ya? Aku juga pengen beli dan baca lagi ah...

    BalasHapus
  8. mabk reni, boleh pinjem buku2nya shasa nggak? banyak banget

    BalasHapus
  9. salam kenal balik ya Mbak ...

    BalasHapus
  10. Kunjungan malam tuk baca2 artikelnya
    sukses selalu

    BalasHapus
  11. Shasa kelas 5 SD yah ?
    Sama tuh kayak Bee-ku.. dia juga suka banget baca sampe lupa waktu.. Klo disuruh belajar alasannya ngantuk, tp begitu masuk kamar langsung buka majalah.. Sering kali menyembunyikan komik atopun majalah dibawah bantalnya, coz takut dimarain papanya klo ketahuan baca sebelum tidur..
    Dia tuh suka donal bebek, princess, detective conan, sincan dan doraemon..

    BalasHapus
  12. woi ... saya sendiri justru malah ndak tahu lagi gimana cara mendorong anak suka baca buku. setiap hari sukanya malah di depan internet. saya salut sama shasa yang gila buku seperti itu, hehe ...

    BalasHapus
  13. kecanduan buku mah apik yo mbak, daripada kecanduan narkoba hehehe

    BalasHapus
  14. wuiihhh banyak bgt mbak bukunya
    pinjem dunk
    hehe

    BalasHapus
  15. Lebih baik kecanduan baca buku dari pada menghabis kan waktu untuk bermain saja apalagi menghabis kan waktu dgn tidur

    BalasHapus
  16. duLu pada masanya, saya pun pernah mengaLami haL demikian. gemar memabaca, awaLnya majaLah bobo, berLanjut ke komik karya "tatang.s". seteLah agak remaja berganti gemar memabaca karya hiLman "Lupus", tiap jenis buku tersebut saya baca sampai tuntas tidak tersisa tiap edisinya. pada akhirnya Lambat Laun dengan sendiri akan Lebih menyukai bacaan yang Lebih bermanfaat, sehingga pentingnya orang yang Lebih dewasa untuk mengarahkannya.

    BalasHapus
  17. wuaaahhhh.....buanyak amir bukunya shasa,,,
    bigimana tuh melahapnya sha????

    kayaknya entar pas puasa tambah berat tuh penyakit baca buku.
    ps:
    Dateng2 ngucapin: mohon maaf lahir batin, marhaban ya ramadhan...

    BalasHapus
  18. gemar membaca sangat positif, mb reni. pasti deh banyak manfaatnya nanti. go ahead... eh, kayaknya nurun dari mamanya ya? hehehe

    BalasHapus
  19. Wow..bukunya banyak banget.Seperti perpustakaan hehe.

    Shasa persis saya waktu masih SD sis.kalau udah baca buku lupa pelajaran,makan dan tidur.Uang jajan harian ku buat nyewa di perpustakaan,hingga ortuku gusar dan gak mau kasih uang jajan lagi hehehe.walah sama ceritaku sama cerita Shasa hehehe.Susah emang kalau udah kecanduan.

    BalasHapus
  20. Buat taman bacaan untuk ana-anak, obat mujarab awet muda alami dan barokah!

    BalasHapus
  21. Hobi yang menambah kaya ilmu dan pengetahuan!

    BalasHapus
  22. Boleh tau Mbak, bapaknya suka baca buku enggak? Saya curiga bapaknya nggak suka baca buku, atau kalau pun baca yang dianggap penting saja.
    Shasa harus dibela menurut saya, bacaan yang disukainya itu yang akan mematangkannya nanti saya pikir, sedang pelajaran sekolah, menurut pengalaman saya, karena sesuatu yang dipaksakan lebih merupakan beban, kecuali kalau gurunya bagus dan menyenangkan.

    BalasHapus
  23. wwaaah keranjingan komik
    tapi buku pelajaran sekolah lebih diutamakan dululah

    setuju dengan ayahnya Shasa

    BalasHapus
  24. wah, asiknya Shasa dibelikan buku2 terus sama mamanya. btw, memang harus ada penerapan aturan sih. karena Shasa kan masih sekolah. harus mengutamakan pelajarannya juga.

    BalasHapus
  25. salam sobat
    bangga mba, kalau Sasha gemar mebaca buku.
    sampai buku apa saja yg dibelikan mamanya selalu dibaca,
    selamat menyambut bulan suci ramadhan
    mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  26. bagus tuh bu, bisa-bisa dia bakal jadi penulis terkenal, mengikuti langkah ibunya menjadi seorang blogger...

    BalasHapus
  27. kereeeenn.. two thumbs up tuk Shasa, klo dah doyan baca dari kecil biasanya kebawa gitu ya Mbak :D

    anyway saya jg suka doraemon, ma seial 5 sekawan :D

    BalasHapus
  28. Mau jwb pertanyaan mba di awal posting nih:
    "Apakah yang terjadi jika seseorang kecanduan buku ? "

    yg jls, kalo bagi aku sih, bs2 jembol mba isi dompetnya, apalagi kalo buku yg dicandu itu buku2 tebal yg mahal....

    tul gak?
    hehe... :) happy weekend...

    BalasHapus
  29. halo mba, met weekend ya....
    slm bwt Shasa...

    BalasHapus
  30. tidak masalah yang penting buku banyak manfaatnya

    BalasHapus
  31. bacalah buku karena buku jendelanya dunia
    katanya si
    hehe

    BalasHapus
  32. Asyik nih kecaduan buku... pingin banget!?!

    BalasHapus
  33. banyak juga koleksi shasa..
    punyaku kalah jauh.. abis biasanya minjem.. hehe...

    BalasHapus
  34. kecanduan baca lebih baik dibanding kecanduan main atau nonton TV kayaknya.

    BalasHapus
  35. Buku sangat bermanfaat mbak, saya rasa banyak manfaat yg di dapat jika si kecil kita suka membaca buku

    BalasHapus
  36. waktu kecil aku juga sudah hobi baca sama seperti Shasa.. bedanya saat itu aku mesti pinjam buku milik teman karena jarang dibelikan buku.. sampai akhirnya papaku menghadiahkan langganan majalah Bobo supaya tidak pinjam buku teman lagi.. Hmm, mudah-mudahan dengan hobinya itu Sasha bisa menjadi anak cerdas dan mudah2n jadi penulis terkenal nantinya.. aku doakan ya..!

    BalasHapus
  37. @all > thanks banget utk semua komentarnya....
    Suamiku memang tak terlalu suka membaca, pokoknya kalah jauh deh dgnku dan Shasa... hehehe
    Itu semua buku-buku koleksi Shasa sejak TK dulu, sementara majalah Shasa udah tersebar kemana-mana.. hehehe

    BalasHapus
  38. wah saya banget itu mbak, kalo aku lagi baca buku, ibu sama bapak langsung tanggap dan gak gangguin aku hehhe..~

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)