Rabu, 11 Agustus 2010

Postingan terjadwal

Entah kapan bermulanya, aku punya keinginan untuk sebisa mungkin update blog ini setiap hari. Terus terang tidak mudah bagiku, karena kemampuan menulisku juga biasa-biasa saja. Selain itu, terkadang keinginan nulis terganjal di ide yang mendadak melayang entah kemana. Kalau sudah seperti ini, rasanya dongkol luar biasa... hehehe.

Aku mungkin sama saja dengan narablog/blogger lainnya, yang tiba-tiba terserang rasa jenuh. Aku sudah beberapa kali melewati masa-masa dimana rasa malas luar biasa menyergapku hingga rasanya malas banget untuk blogging. Namun, tetap saja aku masih menyimpan keinginan untuk bisa update blog setiap hari, sehingga mau tidak mau... keinginan itu bisa mengalahkan rasa malasku.

Alasan mengapa aku ingin bisa update blog setiap hari, salah satunya adalah agar otakku tetap bekerja. Aku tak ingin pikun sebelum waktunya (meskipun untuk beberapa hal aku ini pelupa sekali hehehe). Alasan lainnya adalah aku ingin punya 'catatan' kehidupanku yang kelak bisa jadi kenangan bagi Shasa-ku. Apalagi dalam catatanku ini banyak juga bercerita tentang aktivitas Shasa.

Keinginan untuk bisa update tiap hari itu lama-lama bisa aku siasati. Di saat aku punya banyak kegiatan atau bahan postingan, maka aku sempatkan untuk tulis semuanya, hanya saja postingnya aku jadwalkan. Hal ini aku lakukan supaya aku tetap punya stok bahan postingan saat sedang buntu ide. Selain itu juga aku lakukan saat aku sedang sangat sibuk atau tak bisa blogging.

Seperti saat aku harus dinas ke luar daerah selama beberapa hari, maka sebelumnya aku siapkan bahan postingan sebanyak hari aku tak bisa blogging. Sebab, selama ini untuk blogging aku masih mengandalkan komputer bututku dan belum bisa menikmati blogging via HP. Itu sebabnya, selama aku pergi blog ini update terus, tapi aku yang tak bisa berkunjung balik ke tempat sobat semua yang telah meninggalkan komentarnya disini.

Jika ada (sepertinya tak ada deh, hehehe) sobat yang belum tahu cara membuat postingan terjadwal berikut ini aku tuliskan sekalian caranya.
  • Klik post option yang berada di bawah kotak entri baru
  • Di sebelah kanan (di bawah label) ada "post tanggal dan waktu", klik tombol : dijadwalkan pada
  • Ketik tanggalnya dan jam tayangnya
  • Klik terbitkan entri
  • Selesai

Nah... mudah bukan..? Semoga memberikan manfaat. 

25 komentar:

  1. semoga pertamax *doa*

    BalasHapus
  2. oooh kukira caranya gimana, ternyata yang begitu :)
    aku juga kadang udah banyak inspirasi buat nulis tiba tiba nge blank-_-

    BalasHapus
  3. postingan terjadwal.
    jadi posting akan terbit pada tanggal yang ditentukan, begitukah?
    wah terima kasih banyak infonya, tentu bermanfaat.
    Bali Villas Bali Villa

    BalasHapus
  4. aku belum tahu mba hehe.....aku blm tahu bikin postingan terjadwal,trima ksh untuk informasinya.

    aku masih blm bisa kayanya mbasetiap hari up date hiks...
    apalagi akhir2 ini,kenapa waktu terasa bgt sempit ya ??
    buka fb sih mudah saja krn bisa via hp tapi kalo bloging ? kita mau ga mau harus terus di dpn pc/laptop. belum lg idenya yg kdg entah pergi kemana :(

    Mba,..selamat menjalankan ibadah puasa ya ^^

    BalasHapus
  5. hehee aku udah nerapin posting terjadwal dari dulu. sekarang pun masih kuterapkan. jadi enak gak usah repot2.

    BalasHapus
  6. Mb Reni apa kabar...gimana puasa nya hari ini..
    Bener mb, untuk menuliskannya dengan jari sepertinya sedikit capek ya, beda dgn kita membuat postinga dicatatan blog ini...bisa buat anak2 kelak gimana kehidupan ibunya..
    Maksih untuk tips nya mb...moga saja bisa mencoba

    BalasHapus
  7. Saya juga pernah pengin begitu, tapi memang hidup ini nggak bisa pastikan. Makasih Mbak untuk petunjuknya.

    BalasHapus
  8. aku biasanya sabtu minggu mosting terjadwal untuk 7 hari ke depan dengan terjadwal.
    kecuali ada kegiatan lain.

    BalasHapus
  9. wah,, hebat mbak, shasa pasti bangga pada ibunya..

    BalasHapus
  10. ya bisa.
    masih banyak lagi tools-tools yang bisa kita manfaatkan.
    I am back now. Selamat untuk persiapan berbuka puasa

    BalasHapus
  11. Masih di BKD mbak?
    btw mbak Reni kenal dengan Yuni? sepupu saya tinggal di Jl. Kampar, Taman, Madiun. Kini dia guru di Geneng (Ngawi).

    BalasHapus
  12. aku kagum sama Bu Reni bisa update setiap hari disela-sela kesibukannya yang luar biasa.

    BalasHapus
  13. semangat puasa pertama...ayoo katam alqur'an

    BalasHapus
  14. iya trs update ya mbak postinganya, biar kalau saya berkunjung ada bacaan baru buat saya, itung² belajar dr pengalaman² mbak Reni ;)

    BalasHapus
  15. sterima kasih mba atas informasi yang dibagikan

    BalasHapus
  16. makasih Mbak berbagi ilmunya.. wah ternyata gak sulit ya membuat postingan yang terjadual.. aku akan coba deh.. ohya, selamat melaksanakan ibadah puasa semoga kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusuk.. amin..

    BalasHapus
  17. wah... aku salut dengan Mbak Reni... bisa update terus setiap hari... makasih juga untuk info bikin postingan terjadwalnya... bisa dicoba nih...

    BalasHapus
  18. kalau aku bukan masalah malasnya mbak tapi idenya yg harus gak main2 :) btw tq infona mbak ane baru tau hehehehe

    BalasHapus
  19. Eh, kok tumben bikin tutorial mbak? Hehehe...sama kok, aku juga suka pake posting terjadwal. Kalo aku bukan terkendala idenya sih, tapi lebih ke waktu. Kadang di kantor gak ada kerjaan seharian, saat itu aku bisa menulis banyak artikel lalu aku masukin posting terjadwal. Ada kalanya beberapa hari sibuuuk banget, untunglah sudah ada posting terjadwal.

    Pada intinya, bila kecintaan kita pada dunia menulis udah besar, tak akan kering yang namanya sumber ide kok mbak!

    Gimana kabar blog The Others? Sudah ada titik terang?

    BalasHapus
  20. sebenarnya saya juga ingin membuat postingan terjadwal tp rasanya belum bisa saya lakukan, mengingat saya ngenet di warnet.

    selamat menjalankan ibadah puasa

    BalasHapus
  21. Assalamualikum mba, mohon maaf lahir batin ya..!

    Yaa beginilah mba, sama sayapun sedang mengalami apa yang mba alami, rasa jenuh dan repot, dengan malas dan jarangnya menulis lagi sepertinya ide semua nya buyar, semoga otak ini tidak malas walau tidak menulis ya mba...

    Mohon maaf ya mba saya baru mampir lagi.

    BalasHapus
  22. weh weh weh ibu reni sekarang pasang tutorial untuk ngeblog ya... hehehe mohon bantuannya ibu reni dalam kontes yang saya ikuti, mohon kesediaannya berkunjung ke blog sederhana saya (worship)

    BalasHapus
  23. hihi.. aku juga suka pake posting yang dijadwal... ^^

    BalasHapus
  24. wahhh kadang memang orang tiba-tiba mengalami rasa jenuh.......saya kadangpun begitu, klo sudah mengalami rasa jenuh ya semua pekerjaan saya hentikan sejenak dan say refresingkan otak saya yg penat sebentar saja.....abis itu kembali ke aktivitas semula.......

    Bali Villa Bali Villas

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)