Jumat, 13 Agustus 2010

Tiba-tiba jadi paranoid

Sobat.., tiba-tiba saja aku rasanya menjadi seorang paranoid. Tahu kan paranoid? Kalau kata Wikipedia sih Paranoid itu adalah kata sifat untuk penderita paranoia. Sedangkan Paranoia sendiri didefinisikan sebagai gangguan mental yang ditandai dengan kecurigaan yang tidak rasional/logis. Sayang sekali, sebutan yang bagus itu (paranoia) adalah nama sebuah 'penyakit' ya...?

Lebih jauh lagi, orang-orang paranoid ini berada dalam kesadaran saat mengalami kecurigaan yang mereka alami walau secara berlebihan. Penderita akan merasa sangat tidak nyaman untuk berada bersama orang lain, walaupun di dalam lingkungan tersebut merupakan lingkungan yang hangat dan ramah. Dimana dan bersama siapa saja mereka akan memiliki perasaan ketakutan akan dikhianati dan dimanfaatkan oleh orang lain.

Nah.., tiba-tiba aku rasanya telah menjadi seorang  paranoid, hanya gara-gara blogku The Others... tiba-tiba dicurigai sebagai spam. Mungkin juga karena Google mengidap paranoid juga, sehingga memiliki kecurigaan yang berlebihan dan memasang robot untuk mengintai blog-blog yang ada.

Masalahnya sekarang penyakit itu menular juga padaku (dan juga para narablog/blogger lainnya), sehingga harus ekstra waspada (atau curiga?) terhadap komentar-komentar yang masuk. Takut jika ternyata komentar yang masuk adalah spam. Takut jika nanti blognya 'dituduh' oleh Google sebagai blog spam. Takut jika nanti blognya 'dibredel' dari peredaran (seperti yang sempat The Others alami beberapa hari lamanya).

Siapa yang tak sedih coba jika blog yang telah dibangun sekian lama tiba-tiba 'dibredel' Google karena paranoidnya yang (lumayan) parah? OK.., itu semua hanya pembenaran dariku gara-gara aku tiba-tiba menjadi paranoid.. :p.

Gara-gara telah menjadi seorang paranoid itu pula, aku kini dengan terpaksa akan memasang moderasi juga untuk komentar-komentar yang masuk ke blog ini. Aku tak ingin blog ini terkena nasib yang sama dengan The Others... yang sempat menghilang selama beberapa hari dan berkat bantuan seorang teman yang sangat baik hati, akhirnya blog itu bisa kembali padaku.

Jadi, maaf sekali jika karena paranoid-ku  (yang tiba-tiba muncul) itu, aku terpaksa memasang moderasi komentar. Semoga ketidaknyamanan ini tak membuat sobat semua enggan meninggalkan komentar untuk aku ya...? Terima kasih...

44 komentar:

  1. tidak apa-apa sih jadi paranoid
    spam memang merepotkan

    BalasHapus
  2. pasti temennya pintar banget ya mbak bisa memulihkan blog dalam waktu singkat, aku juga pasang moderasi untuk postingan yang melebihi 3 hari bu

    BalasHapus
  3. ooo bisa kena tuduh spammer gitu ya...hmmm....
    patut diikuti nih saran dari mbak Reni

    BalasHapus
  4. paranoia itu kan acara yang di o'chanel bu :)
    oke deh bu, semoga aja enggak terjadi yaaa, semangat selalu bu

    BalasHapus
  5. @7 taman langit > iya, aku jadi tambah repot sekarang gara2 moderasi ini...

    @bang munir > Alhamdulillah, ada yg bisa bantuin aku yg super gaptek ini

    @alrezamittariq > aku heran juga dg tuduhan itu.. :(

    @fourdream > nah, aku malah gak tahu ada acara di O'Chanel.. hehehe

    BalasHapus
  6. jadi lama nih buk kalao mau komentar, keliahatnnya blogger sudah punya satpam seperti wordpress deh... :D denger-denger lho...

    BalasHapus
  7. sepertinya blogger juga sudah punya satpam seperti di wordpress buk, denger-denger sih :D

    BalasHapus
  8. Hm, jangan dong mbak, tapi tetap waspada. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan hari ke-3. Semoga barokah.

    BalasHapus
  9. Kabar baik nih mbak, blognya udah sembuh. Dan kabar baik juga, sekarang Blogger memasang menu spam di akun kita. Moga2 dengan begitu, komentar spam bisa berkurang ya....

    BalasHapus
  10. robot.txt itu pasti ada disetiap blog mbak, mungkin ada comeng2 lama yg berupa spam diblog mbak dulu...moga tidak terulang lagi tuk semua :)

    BalasHapus
  11. Spam memang merepotkan ya mb...demi keamanan gak apalah mb..jika itu lebih baik kan..

    BalasHapus
  12. wah,,,udah banyak aja komennya...
    tapi kenapa bsa dianggep spam gtu ya?????

    BalasHapus
  13. Emank blognya masuk SandBox toh Mbak reni??????

    ap kbr nie??? lama gak keliatan hhe...

    BalasHapus
  14. saya juga mengalami hal yang sama.

    BalasHapus
  15. wah, jadi mikir apa aku perlu pake moderasi juga ya.

    BalasHapus
  16. caranya gimana mbak? berarti bener dong dari gugel yg tutup blognya ya?

    BalasHapus
  17. Benar sekarang banyak yang spam, minggu yang lalu saya dapat komentar di posting lama 84 komentar dalam waktu yang sama dan isi sama, kucoba dengan kode verifikasi tetap masuk, dan sekarang pakai moderasi komentar moga tidak ada penyusup lagi! Salam!

    BalasHapus
  18. sama mba
    kena spam tuh sangat menjengkelkan
    mereka pake robot
    kita pake dua tangan
    ga adil

    BalasHapus
  19. tapi sekarang udah bisa blum mba blognya..?
    moga nantinya gag ada maslah deh..
    doain aku juga ya ^.^ hehehe

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah yaa mbak, blog nya dah kembali lagi.. semangat berkarya lagi dunk mbak :)

    BalasHapus
  21. makanya pk wp aja mbak, jd ada plugin yg mendeteksi spam langsung

    BalasHapus
  22. OOhhh pantes mba sekarang komennya jadi dimoderasi. Waduh, aku juga jadi ikutan parno nih kalo dianggep spam sama google, apalagi harus kehilangan merry go roung. Bisa depresi mendadak tuh.

    BalasHapus
  23. Betul mbak, kita harus lebih teliti untuk masa transisi Eyang Google ini, sebenarnya yang di anggap spam itu sumbernya Anchor Text saat kita komen, untuk amanya untuk sementara waktu kalau comment di blog orang lain kita gunakan ID Acount google saja dulu, jangan pakai achor text dulu...
    Coba bayangkan kalau kita BW di 100 blog temen dengan Achor TEXT yang mengarah ke blog kita, jadi 1 bulan aja udah ada tuh 3000 link ke blog kita, katanya sih itu tidak wajar di system transisinya Robot Google yang baru,<<<info ini cuman katanya lho....tapi pengalamanku baru sampai blog masuk sandbox, belum keblokir....

    BalasHapus
  24. apa yang Ibu sampaikan terjadi pada bLognya sahabat saya, nama bLognya tembang Lawas ada di kotak Link saya.
    beberapa hari LaLu bLognya beLiau di bLock oLeh googLe seteLah diteLusuri haL tersebut (katanya) banyak mengandung spam pada bLog itu, padahaL postingannya biasa aja. ternyata spam yang masuk adaLah berasaL dari komentar yang mempengaruhi penyepaman terhadap konten, nah dari ituLah Bu makanya sudah 2 hari ini saya seLaLu teriak-teriak.
    mohon maaf saya infokan (bukan sok tau atau sok pinter), siLahkan Ibu cek ke menu baru bLogger. yakni menu fiLter spam, ada dipengaturan. saya kiranya disana (bLog tersebut) banyak menyimpan komentar yang berbau spam. terima kasih.

    BalasHapus
  25. reni <<<<ini namanya anchor text mbak, artinya text "reni" mengatar kita pada http://renijudhanto.blogspot.com/ gituuuuu....

    BalasHapus
  26. saya masih belim pham dengan istilah paranoid he..... he....

    BalasHapus
  27. kudu moderasi..tapi saya belum ni mbak...he he he he kayaknya ikutan aahhh

    BalasHapus
  28. bu.. sahabat baru ni bu ^_^ salam kenal.
    selamat menjalankan puasa bu.

    soal koment gampang tuh bu

    BalasHapus
  29. Iya mbak,spam lg merajalela,tapi beruntung kita mbak, blogspot sudah memasang anti spamnya ,lumayan akurat juga ,dalam 2 hari ini ,alat itu udah menangkap 10 koment spam pd blog saya

    BalasHapus
  30. temannya pinter ya mbak...
    ternyata faktor spam ya..

    BalasHapus
  31. oh yaudah moderasi komentarnya gitu aja, untuk hilangin spam.
    (semoga komenku ini bukan spam ya)
    hmm aku juga mau deh (tapi nanti) moderasi komentarnya diganti :)

    BalasHapus
  32. tapi banyak loh.. yang memelihara paranoid dalam diri

    BalasHapus
  33. Tetap semangat, dan jalan terus!

    BalasHapus
  34. blog luar banyak memakai moderasi plus verifikasi, hanya blog Indonesia yang banyak ga makai.
    tapi akibat spam akhir-akhir ini, kulihat banyak temen memakai fasilitas moderasi dan verifikasi

    BalasHapus
  35. kok bisa begitu ya mbak?
    loh, aku jadi mendadak parno blogku juga kena seperti itu xD

    BalasHapus
  36. haha ada tau bu, coba deh cek, tapi acaranya malem, acara anak gaul bu :D
    mana nih bu posting hari ini

    BalasHapus
  37. wah spam emang
    bikin geregatan
    hehehhe
    :D

    BalasHapus
  38. wah... gawat juga ya low om google dah gitu,, ckckck...

    BalasHapus
  39. santai aj mba', semua ada resikonya masing2 hhe..... apalagi ini nebeng gratisan di produknya mbah google, jadi ya manut aj sama satpol pp yang lagi razia(kesannya kayak pedagang kaki lima ya).. hha....
    selamat siang,.....

    BalasHapus
  40. sore mbak..baru blogwalking lagi nih..
    apa kbr...
    mengenai spam, sy juga mengalami..nanti akan sy posting.
    makanya skrg kotak komen juga saya moderasi...kalo ga...weleh2....

    met menjalankan ibadah puasa ya..
    salam buat shasa...

    BalasHapus
  41. wah... iya nih mbak... ternyata di dunia maya ini banyak juga orang yang hanya sekedar iseng...

    BalasHapus
  42. ya gak apa2 di moderasi.
    kalau saya sih nggak paka moderasi. kalau ggogle mau macam2 maka saya tinggal bilang : " Saya saudaranya Reni Judhanto", gitu saja.

    salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)