Minggu, 15 Agustus 2010

Pentingnya sahur

Hari ini adalah hari ke-5 umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Alhamdulillah, selama 5 hari ini Shasa tidak sulit dibangunkan untuk makan sahur. Semoga saja selama Ramadhan ini aku dapat sukses menyiapkan makan sahur untuk suami dan Shasa. Aku inginnya kami tak pernah melewatkan makan sahur, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Jika dulu waktu Shasa masih kecil dan belum ikut puasa, aku dan suami masih bisa menjalankan ibadah puasa. Tapi semenjak Shasa ikut puasa, aku berusaha untuk jangan sampai melewatkan makan sahur. Kasihan Shasa jika sampai dia menjalankan puasa tanpa sahur terlebih dahulu. Apalagi makan sahur sangat penting bagi orang-orang yang menjalankan ibadah puasa.

Makan sahur memang tak boleh dianggap sepele karena sangat penting untuk mengimbangi gizi yang diperoleh tubuh selama menjalankan ibadah puasa sehari penuh. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam sahur adalah sebagai berikut :
  1. Yang utama jangan asal kenyang namun juga harus bergizi tinggi.
  2. Sebaiknya makanan sahur cukup mengandung protein.
  3. Sebaiknya makan sahur tak terlalu jauh dari jadwal imsak, agar bisa menahan lapar lebih lama.
  4. Jangan langsung tidur atau berbaring segera setelah makan sahur karena makanan akan sulit turun ke organ-organ pencernaan.
  5. Jangan terlalu banyak makan makanan berlemak.
  6. Sangat dianjurkan minum 3-4 gelas air putih saat bersahur.
Untuk Shasa, aku selalu usahakan dia mengkonsumsi madu juga pada saat Sahur. Alhamdulillah, selama beberapa hari ini Shasa bisa menjalankan ibadah puasa dengan sangat baik dan semoga tetap begitu. Amin.

22 komentar:

  1. apakabar mbak selamat berpuasa, rasanya kalau nggak sahur gimana gitu deh loyo

    BalasHapus
  2. mantep tips nya,
    nice post..

    salam..

    BalasHapus
  3. wah, shasa pintar y smoga puasanya penuh,..

    BalasHapus
  4. kalo anak2 lagi semangat2ny y, saya pun dulu begitu... woho..... tapi kalo dah di ujung2, suka bosen sendiri kalo sahur2 gtu dlu..... :))
    selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan...... :D

    BalasHapus
  5. kalo tidurnya pas udah solat subuh itu gmn yah??
    soalnya kebiasaan klo dah solat subuh saya langsung tidur
    :D

    BalasHapus
  6. Puasa sekarang sahur terus, biasanya hari kedua saja sudah nggak sahur, sering banget bangunnya pas udah azan subuh.

    BalasHapus
  7. Soal Sujud itu fiksi saja, kalo nama-nama tokohnya itu saya ambil dari orang-orang kampung saya yang sudah meninggal.

    BalasHapus
  8. tq tipsnya mbak, n moga shasa bisa puasa full sebulan penuh :)

    BalasHapus
  9. sahur emang penting ya mbak, n jgn lupa niat juga tentunya hehehe

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas sarannya mbak.

    BalasHapus
  11. sahur mungkin tak hanya sekadar memenuhi syarat dan rukun berpuasa, tapi sekaligus juga mengakrabkan komunikasi antaranggota keluarga, mbak reni.

    BalasHapus
  12. salam sobat
    iya benar mba ,sahur jangan asal kenyang,tapi harus bergizi.
    air putih secukupnya .
    tetap semangat berpuasa.

    BalasHapus
  13. Wah bu, bangganya lihat Shasa ikut puasa jg. Tips sahurnya mantab. Semoga keberkahan Ramadhan terlimpah buat kita semua, Amiin.

    BalasHapus
  14. semoga puasanya selalu diberi kelancaran ya mbak... dan seluruh keluarga berlimpah berkatNya... salam tuk Shasa...

    BalasHapus
  15. saya soroti point ke-4.
    sebagai tambahan sesuai dgn pengaLaman pribadi, berdasarkan saran dari dokter. (katanya) biLa memang seteLah sahur (habis makan) mau Langsung tidur atau tiduran karena memang memerLukannya, hendaknya meLakukan jaLan ringan sekitar 200 Langsung, itu bermanfaat untuk menjaga kesehatan (seLain organ tubuh) juga meminimaLisir terhadap resiko diabetes.

    point-5:
    iya, kaLo banyak makan makanan berLemak jadi gampang haus.

    BalasHapus
  16. Iya mbak, semenjak menikah, walaupun saya sedang berhalangan, harus tetap bangun untuk menyiapkan sahur buat suami dan anak-anak. Disitu amal shaleh kita sebagai istri dan ibu ya mbak :)
    Wah Shasa udah tambah shaleh aja, salut mbak

    BalasHapus
  17. Betul mbak, semenjak menikah, walaupun berhalangan saya tetap bangun untuk menyiapkan hidangan sahur buat suami dan anak-anak. Disitu ibadahnya seorang istri dan ibu ya mbak.
    Wah Shasa tambah pinter aja :)

    BalasHapus
  18. sahur itu adalah start kita puasa, start yg salah bikin puasa kita kalah..:)

    BalasHapus
  19. Bagi saya, udah kebiasaan kalo sahur kudu minum susu.. soalnya sahurnya bisa tahan lama.. mpe bedhug!

    BalasHapus
  20. tipsnya bagus mbak,, ky nya mulai besok harus kasih tau mama nih biar g dimasakin mie muluuuu =.=

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)