Jumat, 25 Maret 2011

Tentang olahraga

Aku tahu bahwa olahraga itu sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tapi entahlah, aku dari dulu kurang suka olahraga. Beda dengan suamiku, dia masih suka olahraga. Hanya saja karena sekarang kesibukannya, jadi waktu olahraganya sangat jauh berkurang. Paling tidak dia masih bisa menyempatkan untuk bermain bulutangkis seminggu sekali.

Rupanya Shasa juga kurang suka olahraga, sama sepertiku. Sebenarnya aku dan suami sudah berusaha mendorongnya untuk mencintai olahraga. Dulu aku dan suami pernah mendorongnya untuk berlatih bulutangkis bersama ayahnya. Sayangnya, latihan bulutangkus itu hanya bertahan beberapa minggu saja. Selama itu tak ada kemajuan yang didapat Shasa, mungkin karena dia juga kurang enjoy melakukannya.

Shasa sendiri setiap akan menghadapi jam pelajaran olahraga di sekolah selalu merasa tertekan. Dia selalu saja khawatir jika nanti pelajaran olahraga dia (dan teman-teman sekelasnya) harus lari mengelilingi lapangan. Karena Shasa tak bisa lari (mungkin karena gemuk, ya?) dia selalu saja tertinggal di belakang. Itulah yang membuat Shasa tertekan setiap jam pelajaran olahraga di sekolah. Hal itu mau tak mau menjadi beban pikiranku.

Aku dan suami berpikir keras untuk memberikan alternatif olahraga apa yang bisa dijalankan Shasa. Kami ingin agar Shasa bisa berolahraga dan kalau bisa malah bisa cinta olahraga. Setelah cukup lama pilihan kami jatuh pada renang. Alhamdulillah kami tak salah pilih. Shasa mengalami perkembangan yang cukup bagus dalam olahraga renang. Lebih dari itu, dia juga sangat suka berenang. Kami lega, setidaknya Shasa kini bisa juga berolahraga.

Sementara aku sendiri juga berusaha agar bisa berolahraga juga. Akhirnya aku pun memilih renang sebagai olahraga untuk menyehatkan badanku. Tubuhku yang tidak terbiasa berolahraga cukup kaget juga setelah secara rutin aku berenang 2 kali seminggu. Itu makanya tubuhku (terutama lenganku) terasa pegal banget setelah berenang. Setiap kali hendak berenang, aku selalu berjuang mengalahkan rasa malas. Maklum, selama ini memang aku sama sekali tak pernah olahraga sih.

Semakin umur bertambah, sebenarnya semakin besar kesadaranku untuk menjaga kesehatan. Namun selama ini kendalaku adalah : keinginan untuk olahraga ada, tapi malas melakukannya karena niatnya tak kuat. Itu sebabnya, sekarang aku bertekad untuk tetap menekuni renang, karena hanya itulah satu-satunya olahraga yang bisa aku jalani dengan nyaman (walaupun sampai sekarang aku belum mahir juga dalam berenang hehehe). Aku ingin bisa seperti mbak Fanda yang sangat suka berolahraga dan bahkan mencintainya. Yang pasti, aku juga ingin sehat.

Nah, olahraga apa yang menjadi pilihanmu?

26 komentar:

  1. wah iya olahraga penting biar kita sehat & bugar mbak... memang musuhnya satu males...hehehe

    BalasHapus
  2. saya suka basket sama renang, bu. tapi tiap minggu (kalo bangun pagi) selalu lari di UI. sambil menyelam minum air. :p ghehehehe

    BalasHapus
  3. kalo saya suka renag. dulu pas SMP kombinasi antara renang dan basket sukses membuat badan saya meninggi.. tapi nggak gemuk-gemuk soalnya cardio muluk sih. hahaha

    sekarang dah jarang Olahraga.. paling olahraga jari aja : ngetik.

    BalasHapus
  4. Bersepeda juga oke Mbak.. Olahraga sekaligus jalan jalan, hehe..

    BalasHapus
  5. wah sama nih mbak, saya malah cukup lama ndak olah raga sampe dokter ngomel-ngomel setiap periksa. Pertanyaannya sama, gimana olah raganya.
    entar coba mulai lagi paling tidak jalan-jalan pagi murah meriah

    BalasHapus
  6. kok kita pnya kesamaan ya mbak.... sma2 sulit tuk olah raga

    BalasHapus
  7. Olah raga itu memang penting loh mbak, krn pada saat kita berolah raga tubuh kita melepaskan hormon yng berfungsi menekan / menghilangkan stres dan menunda penuaan hingga 10 th jika berolah raga minimal 3 jam dlm seminggu.

    BalasHapus
  8. dulu waktu kecil hobbyku berenang di sungai, sekarang malu ah...masa berenang sama anak2, waktu kemarin liburan bareng murid2 di waterboom puas-puasin berenang...he...he...

    BalasHapus
  9. Sama bunda,
    saya juga suka berenang, soalnya menyenangkan :)

    BalasHapus
  10. berenang emg olah raga yang paling bagus
    dan sangat di sarakan

    BalasHapus
  11. chika juga mba
    kadang sring males
    tapi harus di lawan >.<
    kalo chika lebih suka joging dan sepedaan pagi2 seblum berangkat

    BalasHapus
  12. saya juga kurang suka berolah-raga bu, kalau disuruh milih.
    saya pilih lari-lari pagi keliling kompleks deh bu, soalnya nggak bisa renang eheheh

    BalasHapus
  13. mbaaaa.....
    renang memang sangat sangat menyehatkan...
    oh yah mba,,, apakah shasa suka bermain ice skating juga? aku sering butuh temen main lho ^_^

    BalasHapus
  14. penting banget olahraga,kesehatan maupun penyakit itu tergantung dari kita...klu ada waktu kunjungi blog ane ya

    BalasHapus
  15. mari bersepeda... hehhehe -nuel-

    BalasHapus
  16. Mbak Reni, Olahraga kalo udah jadi hoby jadi seru banget lho, saya kdang sampe lupa kalo udah Olaraga, kadang nyonya di rumah sering ngomel kalo saya telat pulang gara-gara mai bulutangkis ama teman2... Yuk Olahrga...!

    BalasHapus
  17. sama mbak, saya juga angin anginan. tapi soal shasa gak suka olahraga siapa tau nanti jadi ketagihan. dulu saya benci matematika, e jadi tergila-gila (waktu SMP)

    BalasHapus
  18. Meskipun hanya jalan2 pagi...sudah olah raga itu Mb, dan sehat..
    Meskipun aku kadang angin2nan juga, tapi dari dulu saya emang suka olah raga mb...
    Hanya sejak menikah gak pernah lagi paling ikutan senan 1 kali seminggu dan meraton pagi hari kalau gak telat bangun.

    BalasHapus
  19. Saya suka olahraga, pernah jadi atlit soalnya. Waktu pernah tinggal di Bogor, dari jalan Sudirman ke Sempur lewatin tangga tinggi, saya usahakan setengah berlari.

    Kalo kemana-mana naik sepeda. Oh ya, sekarang saya membiasakan ke mall (2 km kali ya) terdekat rumah saya jalan kaki. Gak sembarang jalan kaki, sambil menarik otot perut dan sekitarnya ke dalam, dan jalannya cepat.

    BalasHapus
  20. wah saya juga dah lama nggak olahraga, padahal dulu sering main sepakbola, volley juga bulutangkis. Sekarang sudah tua, jadi males mau ngapa-ngapain, hehe

    BalasHapus
  21. awalnya renang memang begitu, bikin badan remuk, tapi setelah itu tubuh akan terbiasa dan bikin kita sehat

    BalasHapus
  22. sejak di kalimantan aku ga pernah olah raga lagi bu. apalagi olahraga malem. haduuuh...

    BalasHapus
  23. sama dengan Masbro, saya juga suka bersepeda. Tapi itu terakhir bersepeda sudah lama banget, hehehe...

    Betul sekali Bunda, berolahraga itu penting sekali. tidak harus yang berat-berat dan tidak kudu dalam waktu yang lama, yang penting teratur.

    Terima kasih sudah diingatkan, jadi inget sepeda yang sudah lama dikandangkan.

    BalasHapus
  24. emang kalo lama gak olahraga pasti badan jadi pegel semua

    BalasHapus
  25. Dibarengi 4 sehat 5 sempurna dong...

    BalasHapus
  26. paling suka sih bersepeda apalagi kalo sama pacar :)

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)