Rabu, 29 Desember 2010

Ciri-ciri orang yang bisa memasak

Adakah ciri-ciri khusus yang dimiliki seseorang yang bisa memasak? Sengaja aku memakai istilah "bisa memasak" dan bukan "pintar memasak", karena menurutku orang yang bisa memasak jumlahnya lebih besar daripada pintar memasak. Jika ada yang ingin protes dipersilahkan... hehehe.

Selain itu, (lagi-lagi) menurutku orang yang bisa memasak saja sudah cukup untuk bisa menyajikan makanan yang layak untuk dinikmati anggota keluarga. Masih menurutku, orang yang pintar memasak lebih banyak terdiri dari orang-orang yang secara khusus menekuni dunia masak memasak. Dan yang terakhir adalah berdasarkan pengalamanku sendiri. Bingung? Baca saja kelanjutannya.

Kembali ke pertanyaan awal tadi, adakah ciri-ciri khusus yang dimiliki seseorang yang bisa memasak? Mungkin pertanyaanku itu membuat banyak orang bertanya-tanya, mengapa aku menanyakan hal itu. Terus terang saja, aku penasaran ingin tahu jawabannya. Adakah yang bisa memberiku jawaban?

Mengapa aku ingin tahu? Jawabannya adalah karena aku sudah jenuh mendapat pertanyaan retoris dari teman-teman sekantorku seperti ini : "memangnya bu Reni bisa masak?". Setiap mendapat pertanyaan itu aku mau tak mau berpikir, memangnya aku ada tampang orang yang tak bisa masak? Memangnya aku punya ciri-ciri sebagai orang yang tak bisa memasak? Apa yang membuat orang mengira aku tak bisa memasak?

Memang seperti pengakuanku sebelumnya, bahwa aku pada dasarnya tak suka masak. Tapi itu bukan berarti aku tak bisa masak bukan? Toh seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan tanggung jawab sebagai Ibu Rumah Tangga lama kelamaan aku bisa menikmati aktivitas masak memasak itu.

Oke, aku mengaku bahwa aku memang tidak ahli dalam memasak, tapi aku bisa memasak. Tentu saja harus aku akui juga bahwa aku sejauh ini hanya bisa memasak masakan-masakan sederhana. Dan aku lebih suka memasak makanan jawa.

Walau belum sering kulakukan, aku sudah bisa berkreasi membuat masakan resepku sendiri. Biasanya hal itu aku lakukan karena terpaksa, dalam arti simpanan bahan makanan yang ada hanya itu. Sehingga aku harus memutar otak untuk mengolahnya menjadi sesuatu yang bisa dinikmati. Dan sejauh ini suami dan Shasaku menikmati masakanku.

Jadi... mengapa masih ada orang yang meragukan aku bisa memasak ya? Memangnya ada ciri khusus yang harus dimiliki oleh orang-orang yang bisa memasak? *penasaran.com*

18 komentar:

  1. hehe.. mungkin yang dimaksud kriteria memaak : bisa mengolah bahan makanan menjadi sesuatu layak dimakan..

    kadang orang nggak percaya kalo belon pernah merasakan olahan tangan kita langsung.

    BalasHapus
  2. chika juga gx bisa masak mba >.<
    jadi malu wkekee

    BalasHapus
  3. percaya ..percaya ... mbak bisa masak,
    ada yang ndak percaya itu namanya t e r l a l u (dgn logat bang Oma Irama) , mungkin solusinya undang mereka makan siang kerumahnya mbak Reni dan sekalian aku juga ya mbak ...he..he.he.. ^_^

    BalasHapus
  4. cieee, curcol ni ye... buahahaha.
    orang juga mikir saya ini pria tampan yang macho dan cool abis tapi ga bisa masak( buahahahaha..). padahal kalo kayak nasi goreng atau sayur bening, saya bisa lho, bu. *sombong*. :p

    BalasHapus
  5. salam sobat
    begitu ya ciri2 orang bisa masak,
    saya yakin mba Reni pasti pintar masak.
    betul kan mba?

    BalasHapus
  6. Kalo soal bisa masak, Bang Pendi juga bisa ! paling jago kalo masak air, tinggal isi air dalem teko....tunggu bunyi tuuuuuuuuut..! mateng deh tuh air...hehehe

    Salam hangat & sehat selalu....

    BalasHapus
  7. Mungkin sekali2 Bu Reni harus bawa masakan ke kantor Bu...he...he...

    BalasHapus
  8. setuju mbak bisa memasak dan pintar memasak emang beda :) spt aku bisa memasak walau cuma masak air dan mie hehehehe

    BalasHapus
  9. :) menurut aku sebenarnya gak ada ciri2 khusus seseorang itu bisa masak ato enggak mba he..he..
    ato mkn dr pembicaraan aja coba aja test orang mau tau bumbu masakan apa dan mba reni coba jawab.. xixixi*pisss

    BalasHapus
  10. mungkin karena kebanyakan dari mereka yang tanya ternyata nggak bisa masak, dan mungkin karena mba' e kerjanya full day jadi terkesan ndak pernah masak dan orang langsung menyimpulkan ndak bisa masak :D

    BalasHapus
  11. banyak juga yang meragukan kalau aku bisa masak mbak....

    BalasHapus
  12. hmmm kalau menurutku kadang orang meragukan orang itu bisa masak atau tidak jika :
    1. anak orang kaya = tidak pernah masuk dapur dan selalu dilayani pembantu
    2. tangan dan kukunya lentik, rapih seakan tidak pernah pegang pisau
    3. pemilih soal makanan (wawasan menunya sedikit)

    mungkin loh ya
    salam kenal

    BalasHapus
  13. wah, kalo indomie sih saya bisa mbak. hheee

    BalasHapus
  14. @gaphe > mungkin memang harus dibuktikan ya..? hehehe

    @chikarei > ayo belajar masak mulai sekarang biar nanti saat berstatus istri gak bingung lagi.. :p

    @M.Sukma > oke, kapan2 kalau aku undang makan2 di rumah mbak Sukma harus datang lo ya..? hehehe

    @Raja > malu nih ketahuan curcol disini... hahaha *nutup muka* BTW gak sangka Raja bisa masak juga.

    @M.Nura > aku belum tahu bagaimana ciri2 orang yg bisa masak mbak...

    @Bang Noor > kalau Bang Pendi sih aku percaaayyyaaa... *daripada musuhan dg orang Betawi* hahaha

    @IbunyaChusaeri > mungkin memang harus begitu ya mbak.. *manggut2*

    @M.Aulawi > makanya cari yg mau masakin utkmu dong... :p

    @Nita > wah, kayak ujian memasak dong jadinya mbak.. hihihi

    @Mb.Inge > nah itu dia... mungkin juga mereka beranggapan spt itu ya..?

    @yunna > ternyata memang tak ada kan ciri2 khusus yg menunjukkan seseorang bisa masak >

    @Mb.Imelda > nah, karena aku bukan anak orang kaya dan kukuku tidak lentik harusnya mereka tak 'menuduh'ku gak bisa makan ya mbak..?

    @Mb.Fanny > walah... spt mb.Fanda dong.. bener2 soulmate deh... :)

    BalasHapus
  15. ah...masak sich bu reny bisa masak...? qiiqiqiiqiqiq pokokmen aku belum percaya klu masakannya blum dibawa ke kantor....wehhehehheee.....:P...

    BalasHapus
  16. percaya...percaya Bu Reni bisa masak, besok pasti dimasakin nih aku...he..he...tapi yang komen ini jangan dipercaya bisa masak...he..he..

    BalasHapus
  17. @nyit2 > hahaha.... repot kalau bawa masakan ke kantor... :p

    @Mb.Misfah > beneran mau dimasakin ? Mau mampir ke rumah utk makan bersamaku nih...? ^_^

    BalasHapus
  18. Yang Lebih bagus lagi kalau tidak cuma bisa dan pintar masak, sekaligus juga memastikan orang yang memakannya bisa sehat. Yang saya maksud seperti Dae Jang Geum di drama Korea Jewel in The Palace

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)