Sabtu, 25 Desember 2010

Wanita dan memasak

Wanita memang identik dengan masak memasak. Walaupun sekarang hal itu sudah tidak relevan lagi, karena kini banyak kaum pria yang suka dan bahkan lebih mahir dalam urusan masak memasak. Buktinya, kini chef yang terkenal lebih banyak kaum pria daripada wanita.

Namun sebagai Ibu Rumah Tangga, memang kaum wanita 'dituntut' untuk bisa memasak. Tak harus pandai, tapi setidaknya mampu menyajikan hidangan untuk keluarganya. Seperti itu jugalah kondisiku. Kuakui, bahwa aku tak terlalu pandai dalam urusan masak memasak. Namun karena peranku sebagai Ibu Rumah Tangga maka mau tak mau aku harus terjun di dapur untuk memasak.

Awalnya aku cenderung memilih masakan-masakan yang simpel. Simpel dalarm arti bumbunya tak terlalu banyak dan cara memasaknya tak terlalu rumit dan lama. Perasaan senang yang luar biasa hadir di hati setiap kali aku melihat Shasa dan suami menyantap hasil masakanku dengan suka cita. Apalagi jika mereka berdua memuji hasil masakanku dan menghabiskan masakanku. Jerih payah selama memasak rasanya terbayar tunai dengan antusias Shasa dan suami menikmati masakanku.

Itu semua yang kemudian mendorongku untuk mencoba berbagai resep baru. Beberapa kali aku mencoba memasak makanan yang lebih 'rumit'. Aku jadi bersemangat memasak setiap kali mengingat betapa lahapnya suami dan anakku makan hasil masakanku sendiri. Dari semula yang tak suka memasak, lama kelamaan aku jadi bisa menikmati acara masak memasak untuk keluarga.

Jadi... bagi bapak-bapak dan calon bapak, jangan segan-segan untuk memuji masakan pasangannya ya...? Pujian itu akan membuat pasangan semakin giat untuk memasak. Dan bagi yang tak bisa memasak, akan lebih bersemangat untuk belajar memasak. Percayalah... karena aku sudah mengalaminya sendiri... ^_^

21 komentar:

  1. Wah, harus pinter2 memuji nih sy nanti, hehe.

    BalasHapus
  2. masakan wanita memang enak, tapi ga akan kalah dari laki2..

    BalasHapus
  3. Wow.... mbak suka masak... jadi pengen nich merasakan masakannya mbak... Aku yakin pasti ueanaakk sekali... spt kata Pak bondan ' top markotop' atau 'mak yus'...

    Mbak benar... kalo apa yang kita sajikan dpt respon yang luar biasa menjadikan kita semakin bersemangat melakukannya. Sama loh mbak dgn aku, seringnya mbak bertamu & coment di SUKMA menjadikan aku semangat utk posting walaupun tidak sesering mbak Reni, tapi ada peninggkatan yang luar biasa yg aku rasakan.... Tq ya mbak

    Jadi respon positif ( pujian ) merupakan power luar biasa untuk berkarya, termasuk karya mbak Reni dalam masakan... hmmm jadi pengen ngerasakan karya mbak dalam masakan....

    BalasHapus
  4. aku itu suka banget liat acara masak/kuliner di tv.
    para chef itu pasti orang yg sangat kreatif, krn hrs mampu membuat beragam jenis masakan/makanan dari bahan2 yang ada.
    kalo aku, cukuplah punya keahlian masak mie instan..hehe

    PS: thanks utk ucapan selamat natalnya ya mbak..

    BalasHapus
  5. kalau waktu libur seperti sekarang saya sering juga masak bu , ingat waktu masih jadi anak kost dulu jadi agak bisalah memasak

    BalasHapus
  6. hebat.. keinginan belajar memang harus mendapat dukungan dari berbagai pihak, supaya terpacu dan semangat, salah satunya bentuk dukungan adalah sebuah pujian..

    BalasHapus
  7. benar sekali mbak, dengan memuji masakan pasangan kita bisa buat dia semangat dan terus memasak yg terbaik buat pasangannya

    BalasHapus
  8. mas artikel anda bagus-bagus,,folow saya ya supaya bisa mendapatkan artikel menarik dari anda,,saya sudah folow andaa

    BalasHapus
  9. Keduax,
    anna fun sebener'y suka sangad memasak, afalagi melihad bumbu dafur yg lengkaf serta bahan" masakan yg tersedia, ingin segera rasa'y mengkreasikan ide gila memasak ala'kadar'y ^__^

    BalasHapus
  10. yea.. HETRIX... (afakah benar saya hetrix..??)

    dolo sewaktu sedang tinggal bersama kedua ortu, anna sering kali menyalurkan ide gila tersebud, samfel: bumbu mie sedaf + pisang mentah + tahu + sosis + bawang merah|futih + sedikit fenyedaf rasa = ah sedaf sangad... nyamy....

    BalasHapus
  11. Kalau saya sih, ga pernah komen mengenai masakan istri kecuali kalau ga enak-enak benget.
    Kalau keasinan dikit ga apa-apa, istri juga kan ikut makan jadi ikut merasakan masakannya enak apa nga.

    BalasHapus
  12. wah kapan nih kita blogger diundang tuk nyicipi masakannya mbak hehehe

    BalasHapus
  13. hmmm, tapi pasanganku gak suka memasak mba :( ... payah ya.

    BalasHapus
  14. Ampun deh, kalo aku paling gak bisa masak. Bisanya cuman bantu mencicipi masakan sama menghabiskannya, mbak. Hehehe...

    O ya, tentang Aloysius Budi yg di IGT itu, dia udah terlempar saat semifinal krn kurang SMSnya mbak. Tapi kalo mau tahu penampilannya, nanti malam dia tampil di final IGT (sebagai bintang tamu)

    BalasHapus
  15. Iya mbaak.. kalo besok punya istri pasti bakalan saya puji masakannya. hihihi biar dimasakin teruss..

    eh, tapi saya juga seneng masak koq!

    BalasHapus
  16. Ntar kalo dipuji mulu, jadi terbang pula... :D
    Kan susah nangkepnya!

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  17. aku suka masak mbaa ^____^
    awalnya juga gak suka sih menurutku ribet
    tp pas udah dijalanin asik
    apalagi klo orang rumah pada lahap makannya seneng deh :D

    BalasHapus
  18. aku juga gak ahli masak mbak...
    lagi pengen belajar....

    BalasHapus
  19. @masbro > menurutku sih begitu... entah orang lain, hehehe

    @rahmat > sepertinya sekarang kaum laki2 juga banyak yg jago masak lho.

    @M.Sukma > Alhamdulillah jika ternyata komentar2ku bisa membuat mbak bersemangat utk terus posting. BTW, aku baru dalam tahap seneng memasak jadi belum mahir betul mbak.. *malu.com*

    @Bang Budi > bisa masak mie instan sudah lumayan kok Bang.. setidaknya mau usaha membuat makanan sendiri hehehe

    @Bang Munir > keuntungan jadi anak kost memang jadi pinter masak ya ?

    @Pandi > pujian adalah bentuk dukungan yg sangat ampuh utk menjadi semakin semangat belajar.

    @Bang Dino > istrinya pandai masak ya Bang..?

    @Tatox > ups... aku bukan laki-laki lho...

    @wateper > hahaha, idenya dalam memasak bener2 ajaib deh.

    BalasHapus
  20. @Saepurohman > harusnya kalau pas istri masaknya enak diberi pujian, mas. Biar sang istri jadi makin semangat masaknya. ^_^

    @m.Aulawi > emang kapan mau ke Madiun. Ntar aku masakin deh... hehehe

    @Jonk > ohya..? Sekarang Jonk udah punya pasangan to? Hebatt... *senengbanget.com*

    @M.Fanda > dulu aku juga sukanya ngabisin masakan Ibuku mbak, tapi setelah nikah jadi lain urusannya... hehehe

    @gaphe > wah, ternyata dirimu seneng masak juga to? Bakalan seneng tuh istrimu nanti... bisa gantian memasak.

    @denuzz > sebelum dipuji diiket dulu, dipeluk gitu... biar gak terbang... hehehe

    @Ria > wah, kalau ini sih udah gak diragukan lagi. Emang doyannya masak sih... ^_^

    @Yunna > aku juga baru belajar kok, dan makin semangat belajar karena dapat pujian dari suami dan anak.

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)