Minggu, 16 Januari 2011

Bicara tentang tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Tidur sangat penting bagi kesehatan manusia. Manfaat yang dapat diperoleh dari tidur adalah supaya kecerdasan, ketelitian, kreativitas dan kemampuan mental dan emosional serta mood seseorang akan terus terjaga dan dapat berkembang. Tidur yang berkualitas juga dapat meremajakan kembali fungsi sel-sel tubuh dan memperbaiki fungsi metabolisme tubuh.

Mengingat tentang manfaat tidur tersebut, maka semua orang tentu saja ingin bisa mendapatkan tidur yang 'normal' atau yang berkualitas. Waktu tidur yang 'normal' antara 6 sampai 8 jam per hari. Namun tak semua orang dapat tidur dengan normal karena beberapa orang menderita gangguan tidur. Jenis-jenis gangguan tidur adalah imnosia dan hipersomnia.

Insomnia adalah kesukaran dalam memulai atau mempertahankan tidur. Hipersomnia adalah jumlah tidur yang berlebihan atau sering mengantuk yang berlebihan pada siang hari. Namun, keluhan tidur yang paling sering disampaikan adalah imsonia. Karena tidur sangat penting bagi kesehatan manusia, maka keluhan akibat kurangnya waktu tidur itu dapat dimaklumi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa tidur adalah salah satu cara untuk menenangkan diri dari kepenatan selama beraktivitas. Karena tidur dapat mengembalikan vitalitas seseorang menjadi lebih baik, maka semua orang tentu ingin mendapatkan tidur yang berkualitas.

Agar bisa tidur dengan nyenyak, banyak cara dilakukan oleh manusia. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan relaksasi, agar semua masalah hidup tidak mengganggu tidur. Ada juga yang sampai harus menelan pil tidur supaya bisa tidur nyenyak. Tapi cara yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja untuk bisa tidur nyenyak adalah dengan menata kamar tidur senyaman mungkin.

Nah, jika kamar tidur kita seperti foto-foto di bawah ini, pasti akan sangat membantu kita untuk bisa tidur nyenyak bukan?

 gambar diculik dari sini

gambar diculik dari sini

Lantas bagaimana dengan saudara-saudara kita yang tidak bisa seberuntung kita tidur di tempat yang nyaman? Bagaimana dengan saudara-saudara kita yang terpaksa tidur di mana saja, asalkan mereka bisa merebahkan badan yang penat seperti terlihat pada gambar di bawah ini?

gambar diculik dari sini

gambar diculik dari sini

Bagi mereka, tidur ibarat kenikmatan yang mahal harganya. Badan yang lelah dan hati yang diambang keputusasaan akan mendapatkan kenikmatan yang luar biasa setiap mereka bisa tidur lelap dan melupakan beratnya hidup. Tempat di mana mereka tidur tak lagi jadi masalah. Tak ada alas tidur  dan pengganjal kepala pun tak mengapa. Yang terpenting bagi mereka adalah bisa menikmati mimpi-mimpi indah yang tak dapat mereka dapatkan saat mereka terjaga.

Sahabat..., apakah kita masih akan mengingkari nikmat yang telah Allah berikan kepada kita?

18 komentar:

  1. tidur adalah kesukaan ku selain ngeblog/...
    hha hha..
    maksih ka.

    BalasHapus
  2. iyah mba aku sering insomnia bs sampe subuh baru bs tdur,trus paginya tidur deh sampe sore hehehe :p

    kasihan ya mereka tdur dijalanan seperti itu :( tp pasti banyak malaikat yg menjaga tdur mereka :D

    BalasHapus
  3. klo aku kyknya kena hipersomnia deh...ngantukan sih..hahahahaha

    BalasHapus
  4. salam sobat
    kasihan tuh mba,yg tidur di lantai jalan seperti foto diatas,
    masih banyak ya saudara kita yg hidupnya ngga layak.

    BalasHapus
  5. aku kalo kebanyakan tidur malah pegel-pegel mbak..

    kalo malam-malam tidurnya di pinggir jalan ky gitu, apa ga masuk angin ya? :(

    BalasHapus
  6. foto yg dibawah,
    menikmati apa yang dimiliki
    menginginkan sedikit lebih baik
    tidak berlebihan
    tidak ingin ke macau seperti gayus
    ntar muka jadi angus

    BalasHapus
  7. wah kt mesti bersukur ya mba krn kt msh bs tdr di tmpt yg nyaman

    BalasHapus
  8. Kita sepantasnyalah bersyukur karena diberikan berbagai macam fasilitas untuk bisa tidur dengan lelap. Sungguh tidak bisa membayangkan jika saya harus tidur hanya beralaskan langit. Pasti nggak mudah dan sulit sekali melaluinya

    BalasHapus
  9. gw paling suka tiduur
    hahaha

    BalasHapus
  10. Tidur adalah waktu istirahat yang SENGAJA diberikan Allah swt kepada hambanya. Apa jadinya jika manusia hidup tanpa kemampuan untuk mengantuk? Tentunya Allah SWT lebih mengetahui apa yang terbaik bagi umatnya.

    BalasHapus
  11. kalo ngantuk ya tidur, makasih mbak sudah di ingatkan untuk bersyukur, karena kita masih di beri kenikmatan untuk bisa tidur nyenyak tanpa obat dan tidak beratapkan langit lepas.

    BalasHapus
  12. aku lagi insomnia berat....
    pengen bisa tidur kaya dulu lagi....

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah .... kita bisa tidur di tempat layak, kasihan saudara2 kita yang spt di foto itu ya mbak... smg mereka cepat lepas dari penderitaan ini

    BalasHapus
  14. mbak tahu binatang yg namanya bangsat..??? itu loh yg ada di kasur kandang perkembang biakannya... ngilanginnya gmn iia mbak?!?!?

    BalasHapus
  15. Saya hari ini malahkebanyakan tidur Mbak.... :(

    BalasHapus
  16. mmm....setidaknya kita kudu peduli ya mbak...bersyukur dengan apa yang telah kita nikmati...banyak saudara kita yang tidur dijalan

    BalasHapus
  17. Pagi Mb...gimana kabarnya hari ini..

    Wahh jelas sekali mb, saya juga akan merasa betah dan sangat nyaman bila memilih tempat tidur seperti itu..

    BalasHapus
  18. Nikmat Allah mana yang sanggup aku dustakan??

    Alhamdulillah ya Allah atas rezeki yang Kau berikan kepada kami

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)