Selasa, 04 Januari 2011

Direview blogger lain

Bagaimana sih rasanya di-review oleh blogger lain? Jawabannya tentu saja senang sekali, bukan? Seperti itulah yang aku rasakan saat aku atau blogku direview di suatu blog. Alasannya mengapa aku senang tentu saja banyak sekali.

Yang pertama tentu saja karena review itu menunjukkan bentuk perhatian dari seorang blogger kepada blogger lainnya. Untuk membuat review tentang seorang blogger tentu saja tak mudah, karena kita harus tahu banyak tentang blogger yang harus direview itu. Akan terasa aneh jika pengetahuan tentang blogger yang direview ternyata salah, sehingga reviewnya jadi tidak mengena.

Alasan yang kedua adalah 'akibat' yang muncul setelah direview oleh blogger lain. Apa akibatnya? Tentu saja adanya peningkatan jumlah pengunjung ke blog yang direview. Atau setidaknya kehadiran kita di jagad blogosphere semakin dikenali banyak blogger lainnya.

Selama ini review tentang aku atau tentang blogku memang seringkali bermula dari award yang aku bagikan kepada blogger lain. Yang menuliskan namaku atau nama blogku untuk postingan award itu seperti yang dilakukan oleh Jeng Sri (di sini) dan Achen (di sini).

Namun ada juga yang secara khusus menuliskan tentangku atau blogku, tanpa embel-embel award. Seperti yang pernah dilakukan oleh Muhammad A Vip dalam tulisannya yang berjudul The Others itu The Mother. Atau seperti yang dituliskan oleh Suratman Adi di sini, karena aku/blogku adalah salah satu dari 4 blog yang direviewnya.

Sementara mbak Sukma lebih memfokuskan untuk menuliskan tentang diriku dan bukan blogku. Hal itu dilakukan mbak Sukma karena ternyata kehadiranku dalam 'hidupnya' sangat mempengaruhi dirinya di jagad blogosphere ini.

Untuk semua sahabat yang telah meluangkan waktu menuliskan tentangku, aku sampaikan banyak terima kasih. Sungguh semua itu membuatku sangat berarti. Dan bagi sahabat lainnya yang pernah juga menuliskan tentang aku atau blogku dan ternyata belum aku cantumkan disini, aku mohon maaf jika terlewatkan karena catatanku tidak valid.

Jika sahabat pernah membuat review tentang diriku atau blogku (dan belum tercantum dalam postingan ini) dapat menuliskan link-nya di kotak komentar dibawah ini. Insya Allah aku akan menambahkannya di dalam catatan ini. Terima kasih sebelumnya.

21 komentar:

  1. seneng ya mba'... blog kita di review oleh narablog lain :) he he... aku bukan mereview sie, kadang hanya menyebutkan nama narablog dan blognya yang terkait dengan postinganku... dan kadang lupa kasih link nya >.< #mba' Reni pernah kan aku catut namanya tanpa ijin :p

    BalasHapus
  2. Duh..senengnya di review temen blog, itu menandakan bahwa posting Mba Reni memang cukup berpengaruh. Semoga saja makin banyak sahabat...

    Salam hangat & sehat selalu...

    BalasHapus
  3. waah tambah banyak pengunjungnya niih..
    setidaknya dengan membaca review tersebut jadi tau blog mba Reni

    BalasHapus
  4. wah... mantaps ekali ya sampai di review sama blogger lain bu.. jelas yang mereview sangat paham sekali dengan ibu karena kan mereview sama juga seperti menulis biografi orang lain

    BalasHapus
  5. wah, bener-bener keren ni di review mulu... :)

    BalasHapus
  6. suit suiitt, asik ya Mbak direview ama temen, gak cuma satu, tapi lebih :)

    itu artinya banyak yg sayang mbak dunk ya ;)

    BalasHapus
  7. wiiih mantapp...tambah semangat ni jadinya he heh e

    BalasHapus
  8. wah kalo aku malah kayane wegah direpiu bu. blogku isine misuh misuh doang. hehehe

    BalasHapus
  9. Hikzzz... Blog Denuzz belom pernah di-review sahabat lain nih...
    :(

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  10. wah senangnya ya di review hehehehe
    btw mbak, hepi new year ya ^^

    BalasHapus
  11. salam sobat
    saya turut bangga dan senang mba,blognya direview blogger lain.
    semoga menambah semangat berkarya mba.

    BalasHapus
  12. Jadi tambah semangat ya mbak,,,,

    BalasHapus
  13. setuju mbak review blog punya pengaruh yg signifikan buat blog kite, sukses selalu aja mbak buat blognye :)

    BalasHapus
  14. Selamat petang mba reni,...Terima kasih udah masang link blog ku dlm postingan ini.
    Saya sendiri sebagai seorang pemula,tentu saja hrs bnyk belajar dari para blogger senior termasuk mba reni.
    Sukses slalu mba.

    BalasHapus
  15. Malem Mbak... wah abis direview nie ternyata hhe... iya Mbak emank seneng klo abis direview org apalagi klo ujug2nya bukan Award hhe... Hem.... klo yg diblognya Kang Suratman aku udah baca, tp yg dikomacuma mau aku baca udah keburu ilang Blognya..... tau ndak Komacuma ganti domain apa Mbak? katanya Dot.tk nya udah dinon-aktifin...

    Semangat Mbak...

    BalasHapus
  16. mb.Reni memang pribadi yang inspiratif mbak, aku sendiri jg mengagumi mbak Reni :)
    Selamat ya mbak atas review blognya oleh blog teman, smg mb.Reni dan blognya semakin dicintai

    BalasHapus
  17. Wow ... senangnya, mbak Reni masang link blogku di positingan mbak ini, numpang ngetop nih mbak ... makasih banyak ya mbak Reni.

    Mbak reni emang top dach... Selamat ya mbak, moga2 banyak lagi yang review mbak Reni dan blog2nya.

    BalasHapus
  18. Selamat ya mbak .... Mbak dan blognya di review oleh banyak blogger,emang banyak yang sayang dan suka dengan mbak Reni, berarti SUKMA ndak salah khan mbak....

    BalasHapus
  19. @Inge > oya, kapan pernah mencatut namaku..? hehehe

    @Bang Noor > memang senang sekali direview sesama blogger lain :)

    @M.Yusnita > setidaknya makin banyak yang tahu blogku mbak..

    @choirul > memang utk bisa mereview blog/blogger lain, kita harus punya pengetahuan tentang itu.

    @Raja > ah.., baru beberapa kali kok.

    @diah > Amin... :)

    @Manajemen Emosi > Insya Allah makin semangat deh

    @Rawins > Lho, direview kan memperkenalkan blog kita kepada yang lain.

    @Denuzz > tunggu aja, suatu saat pasti ada yg mereview-mu.

    @clara > Iya... seneng banget nih.

    @M.Nura > Terima kasih doanya mbak.

    @Mimir Taria > Makasih ya..

    @M.Aulawi > bener sekali mas, jadi makin banyak yang tahu keberadaanku disini hehehe..

    @M.Suratman > terima kasih juga sudah mereviewku ya..

    @Ferdinand > oh ya, blognya Komacuma ganti domain sekarang 'dot tk' beralih ke 'blogspot'

    @M.Winny > Mbak terlalu memujiku. Justru aku kagum sekali dg tulisan2 mbak Winny yang bernas.

    @M.Sukma > mbak kan pernah juga bicara tentangku, jadi ya aku tulis sekalian disini. Semoga makin banyak yg sayang aku ya mbak...Amin.

    BalasHapus
  20. Ih, kok ana gak ditulis yah? kan dulus ering nulis tentang ibu2 blogger hehehehe...

    Nggak ah, becanda :)

    Ana malah pengen review Mbak Yusnita febri, gimana, Mbak? Setuju gak?

    BalasHapus
  21. @M.Anaz > oya lupa mbak... kasih aku link-nya dong, biar bisa aku pasang disini sekalian... hehehe
    Aku setuju jika mbak Anaz reviem mbak Yusnita. Kalau gak salah mbak Winny sudah melakukannya.

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)