Jumat, 28 Januari 2011

Otak-atik header

Kemarin itu ceritanya aku pengen belajar untuk ganti header template. Kali ini yang jadi sasaranku untuk diotak-atik adalah blog Awardku (tempat penyimpanan awardku). Alasan aku memilihnya adalah supaya jika terjadi error dan aku gagal mengganti headernya, aku tak akan terlalu sedih. Aku bisa membuatnya lagi suatu saat nanti.

Sudah berusaha untuk cari informasi kemana-mana. Akhirnya aku menemukan beberapa cara untuk mengganti header template. Setelah membaca beberapa cara yang ada, aku ambil cara yang mudah saja seperti berikut ini :

  1. Klik menu Elemen Halaman
  2. Klik tulisan Edit yang ada pada elemen Header
  3. Klik tombol Browse...
  4. Pilih Header yang telah di buat yang ada pada komputer Anda
  5. Klik tombol Simpan Perubahan
  6. Selesai.

Nah, jika ternyata headernya tak sesuai, bisa dihapus lagi kok. Caranya seperti langkah 1 dan 2 di atas, setelah itu klik hapus gambar. Maka tampilan header blog akan kembali seperti semula. Kemarin berulang kali aku terpaksa menghapus gambar headernya karena ukurannya yang kurang sesuai. Setelah beberapa kali dicoba, akkhirnya jadi juga.

tampilan awal blog : Awardku
Judul Blog masih bisa terbaca dengan jelas


Tampilan baru blog : Awardku
Judul blog (dalam lingkaran) tidak bisa terbaca

Namun kemudian masalah muncul. Karena nama blog : Awardku tak terbaca, karena gambar background di belakang tulisan itu gelap juga. Aku ingin mengganti warna tulisan Awardku itu menjadi lebih terang. Tapi masalahnya aku tak tahu... bagaimana cara mengganti warna judul blogku itu.

Ada yang bsia bantu aku..? Oya satu lagi..., apakah caraku mengganti header seperti langkah-langkah di atas sudah betul? Terima kasih untuk masukannya...

17 komentar:

  1. Mbak ... makasih ya .... nambah ilmu lagi nih !

    BalasHapus
  2. Aku juga mau coba otak atik deh, terinspirasi dr sini..,

    BalasHapus
  3. wah aku mau ikut nyoba boleh mbak?
    makasih tips dan caranya ^^

    BalasHapus
  4. bu coba cari kode CSS ini di edit HTML



    abis itu yang ada kode #666 itulah kode warna tuk page tittle nya. genti ajah kodenya.

    untuk mengetahui kode warna css bisa dilihat di photoshop atau di MS paint. mo warna apa tinggal ganti #666 menjadi #...... (6 digit) yang disukai

    BalasHapus
  5. Wah si Mbak ganti Header toh di blog satunya hhe.. :P hem... klo Headernya Image ya cuma tinggal ganti Url Imagenya aja sih klo Header barunya udah siap... klo kata Awardku yg gak kebaca mending Font untuk bagian Header ganti aja ke Hexa yg lebih keliatan klo di sandingin sama Headernya Mbak.... trus blog yg ini rencananya gimana mbak?

    BalasHapus
  6. wah saya juga gak terlalu tahu nih kalo untuk header sayA buat manual pake PS terus saya upload dengan cara seperti mba reni ntu hehehehe....

    BalasHapus
  7. Bagus mba, tadi aku dah lihat,,Kalu blog ini aku punya saran nih mba..bagaimana kalu komentar tidak di bikin scroll dan tidak harus di moderasi, biar yang mengunjungi bisa langsung lihat komennya mba.

    BalasHapus
  8. wah aku malah belum pernah coba edit header nih.

    BalasHapus
  9. Saya masih gag mudeng Mbak sama masalah gonta ganti itu.
    Semoga ada pembaca lain yang dapat memberi saran.

    BalasHapus
  10. iyahh font headernya dijadikan warna netral aja mbak, tuh kata Ferdinand Hexa (itu warna apa ya??) tapi overall udah bagus loh mbak.. hmm mungkin widthnya dikecilin dikit makin oke tuh mbak ;)

    BalasHapus
  11. saya juga baru dalam dunia per-blogger-an
    jadi belum mengerti apa2... hehe..
    saya doakan yg terbaik saja, semoga blog "award"-nya tidak kenapa2...

    BalasHapus
  12. pakai default template dari blogspot saja, pilih di Design - Template Designer

    nanti setelah ganti header, sesuai cara diatas lalu masuk kembali ke Template Designer - Advanced

    tinggal setting font dan warna untuk judul header

    BalasHapus
  13. wah kok aku enggak pernah liat blog ibu yang satu itu yaa hm hm

    BalasHapus
  14. Nambah ilmu. Terimakasih, Bu atau Mbak. Enaknya manggil apa ya?
    Kunjungan perdana nih, salam kenal.

    BalasHapus
  15. SAlam Kenal..! Kalau boleh sedikit kasih saran cara ganti header blog :
    1.Harus tahu ukuran header template blog dulu,mis : 860px x 200px
    2.Siapkan gambar yang sesuai dengan ukuran.
    3.Ganti dengan langkah seperti milik mbak.
    Untuk mengetahui ukuran template :Masuk blogger.Rancangan,Edit HTML,cari bagian header'
    Maaf jika ada kata yg salah.

    BalasHapus
  16. masuk ke rancangan, lalu masuk ke perancang timplet, sebelah kanan dari edit laman ketika mba menambah widget/ganti-header.

    ntar ada settingan utk font judul (warna, besar dll)

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)