Senin, 31 Januari 2011

Ganti Template

Beberapa hari ini aku berusaha untuk ganti template blogku dan kedua blog Shasa. Yang pertama aku kerjakan adalah mengganti template blog Place to Study dan Jejak Langkahku milik Shasa. Selanjutnya aku ganti mengerjakan blog The Others. Dalam mengganti ketiga template blog itu, aku sama sekali tidak menemukan kendala yang berarti. Dan yang jelas... aku puas dengan hasilnya.

Satu-satunya kesulitan yang aku hadapi dalam mengganti template ketiga blog di atas adalah... aku bingung memilih template mana yang akan aku pakai. Template yang aku gunakan bukan bawaan dari blogger. Entah mengapa aku selalu saja gagal saat mengakses ke template bawaan blogger. Jadi selama ini aku menggunakan template dari BTemplates. Disana banyak sekali pilihannya, sampai-sampai bingung mau milih yang mana.








Setelah puas dengan tampilan baru ketiga blog di atas, aku mencoba untuk mengganti template blog ini. Herannya.... malah aku tersandung beberapa masalah. Mulai dari tanggal postingan yang tidak bisa muncul, widget yang berantakan, tak bisa diatur dan bahkan hilang. Yang paling memusingkan adalah... aku tak menemukan template sesuai yang aku mau.

Untuk sementara aku menggunakan template yang ini. Tapi... aku masih terus mencari template yang pas seperti yang aku inginkan. Semoga saja segera ketemu dan tidak bermasalah lagi.

Bagaimana pengalamanmu dalam mengganti template, sobat?

21 komentar:

  1. Saya sudah beberapa kali ganti template juga... Memang ada yang terasa begitu mudah, namun ada juga yang sempat membuat saya pusing 7 keliling, padah template yang membuat pusing itulah yang paling saya sukai...
    Kudu memperdalam ilmu HTML untuk bisa memecahkan masalahnya..
    Semoga mbak Rini bisa menemukan seperti yang diharapkan.
    Selamat buat template2 barunya mbka Rini ama dik Shasa.. keren..

    BalasHapus
  2. aku termasuk jarang ganti template, soalnya malas harus memasang widgetnya satu-satu, sebenarnya saya sejak dulu mencari-cari magazine template tapi belum ketemu yang cocok

    BalasHapus
  3. aih.. yang ini keliatan seger juga mbak.. hmm jadi tahu warna-warna kesukaan mbak Reni tuh yang nude, natural, soft gitu yah..

    bagus koq...

    saya sebenernya masih belum menemukan template yang cocok, tapi kalo mau ganti-ganti agak ribet.. maklum jaringan nggak dukung :D

    #lagi-lagi nyalahin jaringan

    BalasHapus
  4. emang sering kyk gitu mbak, apalagi yg versi XML ini, makanya sejak pindah ke blogger beta (aka XML ini) saya paling males buat gonta ganti template, beda dulu wktu masih pake versi classic :)

    ayooo mbak, semangatt buat gonta ganti, klo bingung kan banyak tutorial mbak ;)

    BalasHapus
  5. wah... kok diganti lagi mbak? menurutku lebih bagus yang kemarin... soal ganti mengganti template pengalamanku minim banget mbak...

    BalasHapus
  6. Kalau saya kadang kapok ganti template. Seringnya rusak dan banyak gadget2 yang hilang dan harus mengulangnya dari awal lagi. Ini mungkin karena saya belum mensave template lama terlebih dahulu. Sekarang ini untuk blog saya, templatenya sudah sesuai keinginan. Tinggal gonti-ganti gambar headernya saja jika memang mengiginkannya.

    BalasHapus
  7. template baru keren mbak, pengalaman mbak sama dengan aku , ke dua blogku juga tidak muncul tgl postingannya, sampai sekarang nggak tau gmn caranya, tapi krn udah terlanjur suka, ya udahlah ....

    BalasHapus
  8. Hehehe ....
    saya jadi bersyukur karena selalu ada suami yang mengurusi ini itunya blog tercinta, saya mah kebagian protesnya weh :D
    saya paling engga ngerti *dan males belajar juga - ini jeleknya* , jadi mau terima beres.
    Tidak bagus, tapi menyenangkan hahaha

    Jadi, ada yang bisa dibantu mba?

    BalasHapus
  9. mba' Reni browsernya pake apa? Mozilla? sepertinya sama seperti aku kalau pakai Mozilla kesulitan untuk masuk ke templete bawaan blogger. Salah satu alternetif coba masuk blogspot pakai opera mini aku kalau pakai Mozilla nggak berhasil larinya kesana dan bisa dibuka :D

    aku suka yang ini mba' themenya lebih seger :)

    BalasHapus
  10. Ganti header kayanya memang bawaan dari templatenya.

    Kalau pengalaman saya biasanya sepertinya ini
    - Kecilkan dulu gambar yang akan dijadikan header dengan cara mengcrop. Bisa dicrop dengan menggunakan program PAINT yang tersedia di setiap komputer.
    - Masuk ke akun blog yang kita punyai
    - klik rancangan
    - Secara otomotis akan timbul elemen laman yang menampilkan gadget2 yang kita punyai.
    - Dibagian atas pada elemen laman tsb ada tulisan Header (berdampingan dengan judul blog kita)
    -Klik edit
    - Lalu tersedia 3 item, yaitu : Judul blog, Deskripsi blog, dan Gambar. Nah, isi masing2. Khusus untuk gambar. Upload gambar yang telah dicrop tsb.
    - Centang dibagian mana tulisan tsersebut ingin kita tempatkan. Kalau saya menyentang : dibalik judul dan keterangan
    - Klik simpan.

    Itu saja yang saya lakukan selama ini. Apakah itu yang ditanyakan. Maklum, saya juga gaptek bu :)

    BalasHapus
  11. q jera ganti templet, alnya mesti pandai2 milih klo salah milih nnati jadi amburadul clog kita

    BalasHapus
  12. Hallo Ibu salam kenal aja"pengikutnya lumayan banyak juga ya"

    BalasHapus
  13. ada banyak pilihan template, malah jadi bingung yahh hehe,

    Mba, ada award buat mba, silahkan dilihat

    BalasHapus
  14. wahhh...kalo soal gonta ganti template, aku sudah sering kali loh mb ganti-ganti template.
    sampe capek sendiri, background udah bagus, eh,,,malah widgetnya yg brantakan, gitu jg sbaliknya...
    sekarang aku lebih nyaman, pake template yg ddesain sendiri dgn blogger, lebih puas.hehe.,
    coba aj mb'
    ^____^

    BalasHapus
  15. bagus kok mbak... terlihat soft.. sebelumnya kan gelap ya

    BalasHapus
  16. Template (otomatis) yang dari blogger tambah sip lho Mbak. Trus ringan di blog. Gak pengen nyoba Mbak?

    BalasHapus
  17. Memang suka gt kalau ganti template...makanya aku paling males ganti2 template, tapi templatenya bagus qo mbak :)

    BalasHapus
  18. saya hampir lupa, sudah berapa kali berganti template. Tapi sampai hari ini saya merasa belum perlu untuk mengganti template dengan yang baru. Template yang sekarang, kata anak muda bilang 'aku banget!' hehehehe...

    Gonta tanti template selain seru juga kadang menegangkan, terutama untuk orang seawam saya yang tak paham dengan kode2 html, css atau apalah. kalauupn thema yang sekarang saya gunakan tak semurni aslinya, bukan karena saya paham dengan kode2, tapi hasil coba-coba saja. Untuk yang ingin berganti-ganti template, saya sarankan untuk membuat satu blog khusus untuk uji coba, ketika berhasil barulah diaplikasikan ke blog yang utama.

    Kesimpulan akhir,tema blog ini bagus, bikin betah dan sepertinya semakin mengukuhkan bahwa Bunda Reny menyukai yang natural. benarkah demikian?

    BalasHapus
  19. Rumahnya bagus Mb....coklat lagi.
    Terkadang ada yang sulit ada yang gak juga Mb...

    BalasHapus
  20. Wah..kalau soal template sih, Bang Pendi jarang tuh ganti template...soalnya Bang Pendi kan orang yang cukup setia...hehehe ( bilang aja ga bisa ya...hehe )

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)