Minggu, 02 Januari 2011

Tulisanku ada dimana-mana

Aku tak bermaksud untuk menyombongkan diri jika mengatakan tulisanku ada dimana-mana. Yang aku maksud 'dimana-mana' ini adalah di berbagai blog yang tak aku kenali. Sekali lagi aku tak tak menyombongkan diri. Justru aku heran, mengapa tulisanku bisa muncul dimana-mana (di berbagai blog), saat aku coba search "Catatan Kecilku" via Google.

Yang membuatku tak habis mengerti adalah mengapa mereka menuliskan nama blogku dan diikuti dengan judul postingannya. Beberapa diantaranya menyertakan link blogku, tapi bukan link tulisanku itu. Sementara yang lain tak mencantumkan link blogku, tapi aku kan hafal tulisan-tulisanku sendiri ?

Aku penasaran ingin tahu, mengapa mereka melakukan itu. Padahal, jelas-jelas yang mereka copas bukanlah tulisan lengkapku. Mereka hanya copas nama blogku (Catatan Kecilku), judul tulisanku dan sebagian tulisanku atau terkadang sebagian komentar yang masuk untuk tulisanku itu. Dan yang dicopas bukan hanya tulisan dari blogku saja. Jadi intinya blog-blog itu isinya hanya copas semua.

Untuk apa ? Itulah pertanyaan terbesarku, karena sewaktu aku lihat blog-blog itu tak menyediakan kotak komentar untuk tulisan hasil copas itu. Ataukan tulisan-tulisan sepotong-sepotong hasil copas itu hanya untuk 'mengisi' blognya, karena tujuan utama dibuatnya blog itu hanya untuk bisnis semata ?

Sebagai gambaran berikut ini aku pasang foto blog-blog itu lengkap dengan judul-judul tulisanku disana. Check it out...!


Pada blog di atas, link blogku (sebagai sumber) dituliskan. Dan jika link itu di-klik maka akan menuju ke blogku yang memuat tulisan itu. Tulisan-tulisanku yang ada di blog itu antara lain adalah :
  • Catatan Kecilku : TV Champion
  • Catatan Kecilku : Hidup = kumpulan berbagai cerita
  • Catatan Kecilku : Wanita dan Memasak
  • Catatan Kecilku : Pelajaran dari Lingkungan
  • Catatan Kecilku : Catatan Akhir Tahun
  • Catatan Kecilku : Semangat posting di tahun 2010
  • Catatan Kecilku : Oleh-oleh Memancing
  • Catatan Kecilku : Kediri macet di awal tahun 2011 --> bahkan tulisan terbaruku sudah nongol juga


Lain lagi dengan tulisanku yang muncul sepotong di blog di atas. Di blog itu aku hanya menemukan potongan tulisanku seperti ini :
Catatan Kecilku Cemburu
5 Apr 2010 ... Catatan Kecilku. tentang apa yang kulihat, kudengar, kurasakan dan ... Dia berkata padaku bahwa kekasihnya ternyata cemburu padaku. What. ...

Memang dia tidak menuliskan link tulisan di blogku itu. Tapi sewaktu aku coba untuk copas tulisan di atas, maka dalam HTML-nya akan muncul link tulisan itu di blogku.  Dan tulisan-tulisanku yang muncul di blog di atas antara lain :
  • Catatan Kecilku : Cemburu
  • Catatan Kecilku : Resiko orang cantik
  • Catatan Kecilku : Delivery Service


Lain lagi dengan blog di atas. Dia sama sekali tak mencantumkan  link tulisanku ataupun link blogku. Malah tulisan biru blogspot.com atau wordpress.com jika di-klik yang muncul adalah link blog itu sendiri. Aku menemukan judul  tulisanku di blog itu antara lain :
  • Catatan Kecilku : Menjadi orang baik
  • Catatan Kecilku : Kediri Macet Di Awal Tahun 2011


Blog di atas menuliskan alamat blogku (tapi lagi-lagi tak menuliskan link tulisanku). Tapi link blogku itu tak bisa di-klik. Di blog itu aku menemukan beberapa tulisanku, antara lain adalah :
  • Catatan Kecilku : Ulang tahun Dilla
  • Catatan Kecilku : Kembali Lagi
  • Catatan Kecilku : Memasang Gambar


Kalau blog yang di atas itu menuliskan link blogku dan serta link tulisanku. Meskipun jika judulnya di-klik, yang muncul adalah link blognya, tapi jika  link blogku (yang ditulis dengan huruf kecil) di-klik, maka akan langsung menuju ke blogku yang memuat tulisan itu. Dan dari blog di atas aku menemukan beberapa tulisanku, diantaranya adalah :
  • Catatan Kecilku : Wanita memang susah ditebak
  • Catatan Kecilku : Hidup = kumpulan berbagai cerita
  • Catatan Kecilku : Wanita dan Memasak
  • Catatan Kecilku : Kediri Macet Di Awal Tahun 2011
  • Catatan Kecilku : Semangat posting di tahun 2010
  • Catatan Kecilku : Pelajaran dari Lingkungan
  • Catatan Kecilku : Catatan Akhir Tahun
  • Catatan Kecilku : Pelajaran dari Lingkungan
  • Catatan Kecilku : Ciri-ciri orang yang bisa memasak


Nah, kalau blog di atas itu berbeda. Dia tidak menuliskan link blogku dan tulisanku, tapi dia memasang gambar (template) blogku. Dan meskipun ada tulisan : Read full article from blogspot.com, tapi jika link itu di-klik maka hanya akan muncul link blognya. Dan, aku menemukan judul tulisanku tapi gambar blognya bukan blogku. Ataukah tulisanku itu juga sudah di-copas di blog lain yang kemudian di-copasnya itu ? Tulisanku yang ada di blog itu antara lain adalah :
  • Catatan Kecilku : TV Champion
  • Catatan Kecilku : Perayaan Ulang Tahun

Sementara judul tulisanku yang digambarkan berasal dari blog lain adalah : Wanita memang susah ditebak.


Sementara itu blog di atas, juga menampilkan gambar (template) blogku, berikut judul postinganku. Tapi dia tak menuliskan link blogku. Sedangkan jika tulisan "read more..." di-klik, maka akan menuju ke blog dia dan bukan ke blogku yang berisi tulisan itu. Tulisanku yang ada disana adalah : Dilarang Ngeblog di kantor, sementara itu yang hanya bertuliskan Catatan Kecilku berisi judul-judul postinganku seperti : Dilarang Ngeblog Di Kantor, Arti Hadirmu, Introspeksi, Perubahan Itu Terjadi, Ironi Sang Peminta-minta.

Sebenarnya aku masih menemukan beberapa blog lagi yang menuliskan judul-judul tulisanku. Aku sebenarnya tak mempermasalahkan jika tulisanku di-copas, asal memberitahu aku. Yang membuatku kurang simpati dengan sebagian blog-blog di atas adalah karena mereka tak sepenuhnya menuliskan link tulisanku itu. Malah, yang 'parah' adalah judul-judul tulisan itu hanya dipakai untuk menipu.

Bagaimana tidak menipu, jika kita klik judulnya atau read more-nya yang kemudian muncul adalah tampilan blog itu lagi atau tulisan lain? Jadi, aku disini bukannya bangga atau senang beberapa (judul) tulisanku tersebar di beberapa blog itu, tapi malah kecewa karena dipergunakan untuk menipu orang-orang yang ingin membaca tulisan selengkapnya.

Sahabat blogger, adakah yang tahu untuk apa mereka melakukan itu? Sungguh, aku penasaran sekali.

Catatan : barusan aku mendatangi lagi blog-blog di atas dan aku terkejut karena di blog kedua aku sudah menemukan potongan tulisan di atas sudah ada disana. Ini gambarnya :


Kok bisa begitu ya...? Bagaimana caranya? Aku jadi makin bingung deh.

37 komentar:

  1. mba'e setelah baca ini, aku jadi penasaran dan mulai mengetik nama blogku di search engine... dan menemukan hal yang sama >.<

    kenapa yah mba' >.<

    BalasHapus
  2. aku akhirnya nyoba mba' dan menemukan hal yang sama... apa itu biasa yah >.< jadi ikutan mikir >.<

    BalasHapus
  3. Itu namanya di bookmark mbak oleh orang mbak, klau seandainya diklik pergi ke blog mbak itu artiny bagus, krna itu bernilai sebagai backlink.

    BalasHapus
  4. @Inge > aku juga sama gak ngertinya nih... jadi penasaran aja deh.

    @Embun > di-bookmark? Buat apa? Hanya sebagian yang bila di-klik menuju ke blogku sementara banyak yang jika di-klik larinya ke blognya sendiri.
    Oya, aku barusan cek di salah satu blog itu, ternyata tulisan di atas sudah muncul di blognya. Cepat sekali.... Tambah heran aku.

    BalasHapus
  5. wah, aku mau coba akh.kenapa begitu ya.kayaknya aku juga pernah alami hal ini deh.

    BalasHapus
  6. Hm...
    Wah harus diadukan ke meja hijau itu Buk..
    hehehe Just Kidding

    BalasHapus
  7. @m.Fanny > bagaimana hasilnya mbak? tulisan mbak Fanny juga ada dimana-mana?

    @Irwan Siska > walah... ndak lah, cuma penasaran aja kok kenapa bisa begitu.

    BalasHapus
  8. Astaga .... kok ada juga ya kriminal di dunia blog, pengen punya blog tapi ndak punya kreativitas ya jadinya begitulah , mbak..... amit ... amit mbak , mudah2an tulisan ku ndak dicopas tanpa ijin, jadi deg ...deg an juga nih mbak. kaya' apa mbak,nge lacaknya , penasaran juga tuh ....!!!

    BalasHapus
  9. itu teknik seo mbak. mereka sebenere nggak copas.
    makanya pas kita searching di google kadang-kadang tidak menemukan apa yang sebenernya kita cari. misale gambar diatas mbak. ratubola.com

    mungkin semua blog temen-temen juga ter-index disitu.hehe... ni tak coba ketik jimox weblog disitu. tampilannya seperti ini http://news.ratubola.com/?s=jimox+weblog

    untuk ngecek blog temen2 coba aja sendiri di situs itu. hehe..

    BalasHapus
  10. sabar mba Reni...
    semoga teman blogger yang lebih tahu, nanti bisa memberi pencerahan.

    aku juga ga ngerti mba...

    BalasHapus
  11. Setuju dengan Jimox, mbak. Memang kalo kita search situs kita di Google pasti akan muncul di situs2 lain. Misalnya aja yg sering nih, di situs Lowongan Pekerjaan. Padahal kan gak ada kaitannya. Tp asal mereka tidak mengcopas tulisan tanpa ijin, anggap aja itu sebagai backlink gratis lah... Jangan dipikirin lagi!

    BalasHapus
  12. mbak aku jadi ikut gregetan sama pencuri2 di blognya mbak Reni....
    jahat amat tuh orang, ya mbok belajar ya mbak, jadi blogger untuk menggali potensi dan krearivitas menulis , iya khan mbak... bukan menjadi ahli dalam copas ....!!!

    btw .... makasih banget mbak bisa berkunjung di blog Hariyanti Sukma, aku senang banget .... tq..tq ya mbak...

    BalasHapus
  13. Mbak sabar. Saya kira jawaban Embun dan Jimox pas deh. Saya juga mengalami, mungkin kawan-kawan lain juga, Karena saya gaptek saya cuma bisa melongo. Tapi, saya berpikir, pasti ada sesuatu yang secara teknis saya tidak tau. Jadi, tidak saya pikirkan lagi. Pokoknya saya menulis dan menulis. Selamat tahun baru mbak.

    BalasHapus
  14. biarin aja mbak, google kan tau mana tulisan yg asli :) blogku ada yg digituin, tapi ya sudahlah emang itu resiko blogging :)

    BalasHapus
  15. sama mba sayapun begitu, berarti banyak orang yang masuk ke blog kita, mungkin lain lagi kalo mereka copas ya. Hanya dng keyword nama sendiri tanpa judulp[un blogpun, sudah keluar banyak sekali di google.

    Selamat malam mba, mampir mumpung sempat hehehe

    BalasHapus
  16. biarin aja mbak, google pasti tau mana sumber aslinya lagipula hal2 spt itu dah jadi resiko di internet :) mereka itu biasanya manfaatin "key word" nya aja buat ngangkat blognya. Intinya ngblog emang butuh ketulusan (terpaksa tulus) dalam hal karya kita dicopas org lain :)

    BalasHapus
  17. yup... sejak SEO ramai..
    memang saat googling sering membingungkan.. ini kadang bikin sebel karena perlu beberapa page untuk emnemukan situs yg di cari

    BalasHapus
  18. @m.Sukma > jika ingin tahu, tulis aja nama mbak atau nama blog mbak di search-nya google. Pasti deh ketemu hal2 yg mengejutkan... hehehe

    @Jimox > Thanks utk infonya. Jadi secara otomatis apapun yg kita tulis langsung bisa masuk ke tempat dia ya? Tuh buktinya, postinganku hari ini baru beberapa saat terpublish langsung terpasang juga disana... hehehe

    @M.Narti > iya mbak, beberapa teman sudah kasih penjelasan tuh buatku.

    @M.Fanda > bener mbak, di situs Lowongan Pekerjaan emang muncul juga tulisan2ku (tepatnya judul tulisanku dan beberapa potong kalimat). Ternyata itu backlink juga to?

    @M.Sukma > tujuan orang buat blog/web/situs emang lain2 mbak, dan kita harus bersiap-siap jika kejadian spt di atas terjadi.

    @M.Elly > Sama mbak... justru karena aku gaptek maka aku heran bin ajaib mengapa tiba2 tulisan yg barusan aku publish langsung nongol juga di sana. Kalau istilah Embun sih di-bookmark. Tapi aku gak paham maksudnya... hehehe *tersipu malu*

    @M.Aulawi > ternyata hal yang sama aku alami juga ya...?

    @M.Ateh > aku juga pernah coba dg keyword namaku, dan hasilnya kurang lebih sama dg di atas mbak.. :(
    BTW, terima kasih sekali mbak masih sempat mampir kesini.

    @M.Aulawi > iya, aku belajar utk menerima kejadian itu kok. Hanya ingin tahu saja mengapa bisa spt itu dan utk apa seseorang membuat yg spt itu.

    @M.Yusnita > memang sih, saat mencari dg keyword tertentu seringkali kita ketemunya bukan dg situs2 yang aku cari mbak.

    BalasHapus
  19. Untuk soal ini pandi juga ga tahu.. kadang pandi juga copas tapi izin dulu..

    BalasHapus
  20. waaahh muantep...ngiri ni he he he menginspirasi

    BalasHapus
  21. kayaknya sih mereka pake algoritma pemograman, biar bisa posting otomatis.. tentu aja postingnya itu berasal dari orang lain.. jadi blognya itu kayak search engine lagi. buat nyari postingan blog, trus di posting deh diblognya sendiri..

    *baru keliatan anak SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunaknya. hahahaha*

    kalo ditanya kenapa mereka buat kaya gitu. tentu aja nyari duit.. pasti di blog-blog itu banyak banget iklannya.. iya kan??

    hahaha.. maaf sok tau,, mungkin ada yang lebih ahli buat ngejelasinnya...

    BalasHapus
  22. @Pandi > sebenarnya sih kasus di atas tak sepenuhnya copas, karena yg ditampilkannya hanya nama blog, judul tulisan dan sebagian tulisannya. Hanya saja tak semua mencantumkan link blogku.

    @Manajemen Emosi > kok ngiri sih...? hehehe

    BalasHapus
  23. Numpang ngetem disini adja bu hahaha

    lama nich bu nggak jumpa :)

    selamat tahun baru ya bu

    BalasHapus
  24. itu pertanda bahwa tulisaanya bermutu bu....

    BalasHapus
  25. @arif > oh gitu to, jadi secara otomatis terposting juga ke blog dia karena blog dia itu semacam search engine juga? Nah, mulai paham dikit2 nih.
    Iya sih... emang banyakan iklannya. Jadi emang bagi dia yg penting blog itu ada 'isi'nya, karena fokus dia lebih pada mengejar uang kan?

    @agoestri > selamat datang kembali di blogku ini. Apa kabar ?

    @rodes > Alhamdulillah bila begitu, cuma masalahnya yg mengalami hal spt itu sangat banyak ternyata... :)

    BalasHapus
  26. Ehm, itu namanya situs bookmark, Mbak...
    Sepertinya di antara komen di atas ada yang udah jelasin lengkap...
    Gak usah dipikirin, anggap aja backlink gratis.

    Sedikit tambahan, biasanya para admin blog-blog itu mencoba banyak kata kunci supaya trafik blog mereka meningkat (dan itu emang terbukti), tujuan akhirnya biasanya dengan harapan makin banyak yang datang, makin banyak pula yang klik iklan di sana. Artinya, penghasilan utnuk mereka...

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  27. nah yg ky gitu tuh, mbak.. aku kan kadang nyari bahan tulisan bwt tugas-tugas, trus dapat paragraf yg sesuai di gugel, trus klik k blog yg ky gitu itu. trus pas ngklik judul postingnya, malah masuk k blog itu lagi. beteeeeee

    BalasHapus
  28. @Denuzz > Thanks utk penjelasan tambahannya. Aku jadi makin paham sekarang. Ternyata memang ujung2nya soal uang ya..? :)

    @Takuya > aku juga sering mengalami kejadian spt itu. Memang benar2 menyebalkan ya...?

    BalasHapus
  29. Wah aku harus coba nih, maksih infonya yah mbak :)

    BalasHapus
  30. Saya sering menemukan situs yang kaya gini, Blog yang kaya gini namanya Blog AutoContent. Ia sengaja mengcopas isi blog orang lain untuk meningkatkan traffic dri mesin pencari dan ketika di klik akan ke situs ia sendiri agar pageviewnya nambah.. :)

    http://www.realodix.com/2010/08/perang-melawan-spam-yang-mengotori-hasil-pencarian-google-indonesia/

    BalasHapus
  31. Wahh..ternyata banyak ya Mb..
    Sabar mb, moga ada jalan penyelesaiannya..
    Tulisan saya baru ketahuan sekali di copas juga mb...

    BalasHapus
  32. Saya udah tahu sejak lama kasus ini, Mbak. Kalau menurut saya, ini hanya permainan search engine aja. Dan ada hubungannya dengan google, karena setiap kita publish tulisan kita, google bebas "meletaka di mana saja" Coba Mbak Reny search foto Mbak Reny di Google, juga akan banyak bermunculan. Kalau tulisan Ana, pernah di copas sepenuhnya di blog, bukan cuma satu, tapi banyak

    BalasHapus
  33. assalamualaikum...
    saya juga dulu pernah ngalami hal seperti itu,
    beberapa tulisan ada di mana-mana (tentu dengan copas) sepertinya. Dan saya biarkan saja karena memang ga ngerti..o.ternyata jawabannya sudah di bahas di atas . sip mbak.
    salam

    BalasHapus
  34. Ini kan sebenarnya si mesin pencari mengindex tulisan kita. Hehehe.. blog Catatan Kecil ini udah lama eksis, Dongeng Planologi-ku yang baru beberapa minggu dirilis aja juga begitu looh.

    BalasHapus
  35. @Ibunya chusaeri > silahkan coba mbak.

    @Realodix > thanks banget utk sharing informasinya utkku. Aku jadi makin paham nih.

    @M.Mul > ternyata memang mudah melakukannya (bagi yg tahu tekniknya), mbak.

    @M.Anaz > soal tulisan mbak Anaz, aku juga udah pernah bacanya di postingan mbak Anaz beberapa waktu lalu. Masih ada lagi yg gitu, mbak?

    @Neng Rara > sama dgku... aku awalnya gak ngerti tapi sekarang dikit2 dapat info nih,

    @WAP > ternyata mesin pengindex juga to yg spt itu, mas? hehehe... baru tahu nih.

    BalasHapus
  36. Ya mbak gara2 SEO, itu mereka karena bikin blog tidak ikhlas, alias pengen punya iklan saja... Padahal kalau nulis tidak ikhlas kan percuma, tulisannya jadi sampah diinternet, ya gak? dan untuk blog yang mbak pikir penipu itu adalah blog serch engine dengan robot, jadi setiap ada tulisan baru punya blog yang sudah ada di SEO teratas akan di ambil oleh blog itu... Semacam google gadungan lah,,,hehehe,,, saya cuma menebak aja mbak jangan jadikan saya lebih bisa...

    Thanks,
    asanoer

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)