Rabu, 07 Juli 2010

Kemana komentar itu pergi

Ternyata..., komentar untuk sebuah blog memiliki arti penting. Pada awal mula aku ngeblog, aku tak berpikir untuk menarik komentar di blogku, karena aku tak percaya diri dengan tulisanku yang isinya cuma uneg-uneg ini. Namun, setelah aku merasakan senangnya ada komentar masuk ke blogku aku  mulai merindukan komentar-komentar itu. Komentar-komentar yang masuk membuatku makin bersemangat untuk menulis.

Sebelumnya... blog ini tidak aku setting untuk mengirimkan komentar yang masuk ke dalam emailku. Komentar-komentar yang masuk aku ketahui jika aku ngecek ke dalam blogku. Apalagi komentar-komentar itu tidak aku moderasi, sehingga langsung muncul di postinganku. Namun... semenjak kurang lebih seminggu ini aku merubah setting komentarku itu. Sekarang, aku bisa ngecek komentar-komentar yang masuk lewat email saja.

Mungkin bagi sobat semua... apa yang aku lakukan ini terlalu terlambat ya...? Hehehe. Maklumlah, aku dulu tak menganggap penting hal itu karena aku merasa punya banyak waktu untuk berulang kali ngecek komentar yang masuk, apalagi aku sudah pasang widget recent comment pada masing-masing blogku. Namun semenjak koneksi internetku lola banget (bahkan terkadang mati..!) akhir-akhir ini, aku jadi sulit untuk ngecek komentar-komentar yang masuk. Maklum dengan koneksi yang lola banget, sulit bagiku untuk bisa buka blog dan lebih mudah buka email.

Itu sebabnya aku mulai mengirim email atas komentar yang masuk agar lebih mudah aku cek. So, ngecek komentar yang masuk jadi lebih mudah dan menyenangkan bagiku. Tapi..., Selasa kemarin tiba-tiba ada yang aneh dan mengganggu sekali. Beberapa komentar yang sudah masuk ke email ternyata waktu aku cek langsung ke dalam blog... tidak muncul..! Memang tidak semua sih yang seperti itu, tapi banyak juga komentar masuk yang hilang. Terus, komentar-komentar itu kemana perginya ya ?

Aku sudah coba untuk me-refresh berulang kali, tapi ternyata jumlah komentar yang muncul pada postinganku itu tidak berubah. Kemudian aku coba untuk menutup blogku dan keluar. Sesaat kemudian aku coba untuk membuka kembali blogku, tapi tetap saja jumlah komentar yang muncul belum sesuai dengan yang ada pada email. Aduh..., kok aneh begini sih...?

Padahal..., selama ini aku berusaha untuk berkunjung balik pada siapa saja yang telah datang ke blogku dan meninggalkan komentar untukku. Jadi, kalau ternyata komentar-komentar itu tak berhasil muncul di postinganku... aku tak bisa mengunjungi mereka kembali. Untungnya saja sekarang (berkat email) aku tahu ada beberapa komentar yang tak berhasil muncul dalam postingan... jadi aku bisa mengunjungi mereka kembali. Andai saja aku belum buat email untuk setiap komentar yang masuk itu, aku tak akan tahu ada komentar-komentar itu. Hal itu akan menyulitkan aku untuk mengunjungi mereka kembali kan..?

Ternyata masalah komentar yang hilang secara misterius itu juga dialami oleh beberapa narablog. Dan, akhirnya aku memutuskan untuk  ikut menyalin komentar yang masuk dari email ke blog.  Namun, setelah komentar-komentar itu berhasil aku salin,  ternyata pada malam hari (sudah larut juga) komentar yang menghilang itu baru muncul satu persatu. Ya ampun, akhirnya aku harus menghapus komentar-komentar yang dobel satu persatu. Hiks...

Itu sebabnya, kemarin malam aku kehabisan waktu untuk blogwalking.  Soalnya, menyalin komentar dari email ke blog sudah menyita waktu. Karena aku harus ngecek dulu komentar-komentar mana yang ada dan yang hilang, agar tak sampai muncul komentar yang sama muncul kembali. Setelah itu, aku harus ngecek lagi komentar-komentar yang dobel untuk menghapus lagi salah satunya. Benar-benar menghabiskan waktu deh.

Nah, bagaimana denganmu sobat..? Apakah kemarin komentar-komentarmu juga hilang ?

41 komentar:

  1. Mba, maap baru mampir lagi.

    Duh maap ga bisa ngasih pendapat, soalnya gw kan mrs.gaptexx. Jangankan nyambungin komen blog ke email, wong mo nampilin recen comment di blog ajah gagal maning gagal maning. Halaaahhhh, katro pisaannn!! :-)

    BalasHapus
  2. Betul sekali Bunda, pagi ini saya juga 'kehilangan' komentar dan sejauh ini belum tahu ada apa dan harus berbuat apa? semoga ini hanya masalah kecil, so untuk yang empunya blogger, tolong kembalikan apa yang menjadi hak ku.

    BalasHapus
  3. mba iyah pagi ini ada komentar2 yang hilang di postingan blog chika
    aneh bener euy

    BalasHapus
  4. Halo Bu Reni, salam kenal... ;)

    Lagi musimnya galian kabel, mungkin omm dan tante di kantor pusat blogger sono juga lagi bongkar-pasang kabel optik atau pipa PAM qe3

    BalasHapus
  5. ♫SAlam Blogger♫
    saya juga ngalamin itu lho bu, cuma setelah selang ganti hari tiba2 koment intu muncul, bahkan sekarang pun ada sebagia teman kalau koment munculnya terlambat, hehe jadi ya mungkin ini bug nya blogger kali yah bu, gpp bu yang penting kita tetep menjaga budaya silaturrahmi, keliatanya udah pada ngalamin itu kog, jadi dipermaklum ☺
    ♫Salam Hangat♫

    BalasHapus
  6. eror seperti ini pertanda mbah google sedang 'maintenance' mau update pagerank. Mudah2an pada naik kelas kali ini :D

    BalasHapus
  7. Pagi Mb Reni , wahh ternyata sama mb..tadinya aku hanya pikir apa aku yang salah, atau aku yang gaptek.
    Soalnya gak semua komentar masuk semua...

    BalasHapus
  8. Kok saya gak ya bu? :D salam kenal dari blogger warok buk

    BalasHapus
  9. ya.. aku juga ngalamain...... T_T
    tapi untunglah udah normal lagi..

    oya, komentar juga sangat berarti buat saya...
    kalau gak ada komentar, rasanya gimanaaaa gitu.. hehe..

    BalasHapus
  10. Mungkin lagi error aja mbak. Selamat pagi mbak Reni. Semoga komentarnya pulih lagi ya.

    BalasHapus
  11. Oh ternyata buka aku saja yang kehilangan komentar...kirain blog aku yang sakit...he...he...wah gimana tuh mba caranya biar komentar masuk ke email. Maklum kuper

    BalasHapus
  12. wah ternyata bukan aq saja ya..aq sempat panik.. trus aq sms salah satu teman blogger aq.. ( hihi inilah gunanya teman bukan ? ) n dia bilang kadang-2 blogger bisa gitu.tapi ntar pasti muncul kok..ya uda aq diamin aja dengan harapan akan segera normal..n betul saja..pagi ini aq cek uda masuk semua komentar-2nya..jadi senang dech.. ternyata kemarin itu rata-2 komentar pada telat masuk ya..

    BalasHapus
  13. Komentar Mbak Reni untuk posting-ku Betina Berani Sendirian belum pulih, Mbak. Hiks hiks..sebel..

    BalasHapus
  14. blogger.com sepertinya masih maintenance
    banyak yg ilang timbul
    asal bukan blognya yg hilang
    huaaaaaaaaaaa....
    nangis darah deh.

    tindakan yg tepat untuk meneruskan ke email, sehingga bisa memantau komentar yg masuk.

    mantaaaaaap mba
    sebuah perkembangan bagus
    yihaaaaaaa

    BalasHapus
  15. weleh weleh, tu komentar kaya ngerjain aja... eh, saya jg gitu nih mbak, aneh, tp biarin aja, mudahan ntar muncul lg...

    BalasHapus
  16. Iya mbak, saya juga mengalami hal yg sama

    BalasHapus
  17. sama mbak..
    mlh smpe skrang komentar2 yg ilang blm kmbali juga.. huhuuu.. -__-

    BalasHapus
  18. kekekekeke... achen pun sama mbak..
    sekarang pun masih sama neh kek gini...

    BalasHapus
  19. betul Bu, semalem blogger mank error...

    BalasHapus
  20. kirain cuman blog buwel doank mbak... hehehe

    BalasHapus
  21. Mbak reni memang baik sekali, aku juga mengalami hal yang sama Mbak, maklum baru dapet komen rasanya senang setengah mati waktu aku pencet publish kok ngga muncul, aku pikir aku tak sengaja menghapus komen itu, aku ngerasa guilty, orang sudah capek2 komen kok dihapus tapi rasa-rasanya aku mencet yang dipublish tadi, kuulangi beberapa kali ngga muncul juga. Oh ternyata Bloggernya yang error!..he...he..

    BalasHapus
  22. Berkunjung.....Iya gpp Mbak..udah mau mampir aja aku terima kasih..

    Eum ... selama aku ng'blog aku ga pernah kehilangan komentar Mbak.....klo yg komentar di moderasi pun masih ada di situ dan klo aku publish juga langsung muncul hhe.....

    wah kmn ya komentarnya???

    klo udah ketemu diposting Mbak kasih judul komentarku telah kembali hhe.....(kidding)...

    Semangat N Happy blogging Mbak!!!! :)

    BalasHapus
  23. iya, kemarin-kemarin komentar diblog saya pada hilang mb

    BalasHapus
  24. setuju mbak... adanya komentar itu memang akan membuat kita semakin bersemangat untuk ngeblog... eh... hari ini komentar mbak di 'Cinta' kok tiba-tiba ndak ada ya?

    BalasHapus
  25. maap baru berkunjung lagi ya >.<

    hmm kehilangan gak ya ? gatau deh ._.

    BalasHapus
  26. hhe, kemaren kyknya emang lagi eror gtu, di email ada laporan komentar baru, tapi pas dicek ndak ada wujudnya.. pas ngoment di blog orang juga ga muncul, untung saya blm ngepost berkali2 komengany..... :D

    BalasHapus
  27. Bonne nuit mon ami. Je m'excuse auprès de visite en utilisant la langue française. Je veux des amis avec vous.

    BalasHapus
  28. Berkunjung Mbak Reni, Moga sukses selalu...

    BalasHapus
  29. berkunjung Mbak Reni, Moga sukses selalu *tiru2 achen* :-)

    BalasHapus
  30. betul mbak aku juga ngalamin ada beberapa coment sahabat yang di email ada tapi aku cek di blog ga ada, trus di blog ada cuma di email ga ada..... lg error, kecapean kali si blogspot hehhe

    BalasHapus
  31. iya mbak dua hari ini kacauuuu, komen gak muncul n ilang, apalagi yg dimoderasi ilang semua..anehnya lagi misal di tampilan ada 30 komen setelah dibuka yg muncul separuhnya hmmmm, moga bisa segera sembuh ini penyakit n gak kambuh lagi :)

    BalasHapus
  32. Saya sering Mbak, dah lama kayak githu, cuma kadang dia balik sendiri, makanya gak begitu merhatiin :)

    BalasHapus
  33. Tulisan ibu yang orisinil lah yang menarik pengunjung.

    BalasHapus
  34. aku rasa komentarku ga ada yang ilang mbak hehehehe~ apalagi aku jarang buka blog sekarang

    BalasHapus
  35. maaf, aku baru nyambung lagi ke inet nih, jadi baru jalan2 lagi..

    BalasHapus
  36. samaaa..aku juga hilang tuh eh, kehilangan komentar. padahal di imel ada. btw, aku juga nulis soal ini di blog miss gaptek. hehe. kok bisa sama ya.

    BalasHapus
  37. muncul lah komen..!!
    triiing..... MUNCUL,
    hahhaa... *pesulap mode on

    BalasHapus
  38. iyah mbak,,,kemaren punyaku juga kaya gtu...
    ada tulisan 5 komentar,, tapi pas dibuka cuma ada 4...aneeeh

    BalasHapus
  39. Kami tidak pernah mengalami hal seperti ini. Komentar yang masuk juga dapat kami lihat di e-mail. Memang komentar-komentar yang masuk ke blog kita adalah berharga. Karena keterbatasan waktu kami hampir tidak pernah membalas komentar tersebut lewat e-mail. Kami hanya melakukan kunjungan balik ke blog atau situs tersebut dengan memberikan komentar balasan. Trims sharingnya. Salam sukses.

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)