Senin, 07 Februari 2011

Catatan Emha Ainun Nadjib (2)

Seperti yang aku tulis kemarin, kali ini aku ingin membuat catatan kedua dari karya Emha Ainun Nadjib. Catatan ini masih aku ambil dari dalam bukunya yang berjudul Seribu Masjid Satu Jumlahnya : Tahajjud Cinta Seorang Hamba. Mari kita simak bersama....

SYAIR PENJUAL KACANG

Al-Habib, seorang yang dikasihi oleh banyak orang dan senantiasa didambakan kemuliaan hatinya, malam itu mengimami shalat Isya suatu jamaah yang terdiri dari para pejabat negara dan pemuka masyarakat.

Berbeda dengan adatnya, sesudah tahiyyat akhir diakhiri dengan salam, Al-Habib langsung membalikkan tubuhnya, menghadapkan wajahnya kepada para jamaah dan menyorotkan matanya tajam-tajam.

"Salah seorang dari kalian keluarlah sejenak dari ruangan ini," katanya, "Di halaman depan sedang berdiri seorang penjual kacang godok. Keluarkan sebagian dari uang kalian, belilah kacang beberapa bungkus."

Beberapa orang langsung berdiri dan berlari keluar, dan kembali ke ruangan beberapa saat kemudian.

"Makanlah kalian semua," lanjut Al-Habib, "Makanlah biji-biji kacang itu, yang diciptakan oleh Allah dengan kemuliaan, yang dijual oleh kemuliaan dan dibeli oleh kemuliaan."

Para jamaah tak begitu memahami kata-kata Al-Habib, sehingga sambil menguliti dan memakan kacang, wajah mereka tampak kosong.

"Setiap penerimaan dan pengeluaran uang," kata Al-Habib, "hendaknya dipertimbangkan berdasarkan nilai kemuliaan. Bagaimana mencari uang, bagaimana sifat proses datangnya uang ke saku kalian, untuk apa dan kepada siapa uang itu dibelanjakan atau diberikan, akan menjadi ibadah yang tinggi derajatnya apabila diberangkatkan dari perhitungan untuk memperoleh kemuliaan."

"Tetapi ya Habib," seseorang bertanya, "apa hubungan antara kita beli kacang malam ini dengan kemuliaan?"

Al-Habib menjawab, "Penjual kacang itu bekerja sampai nanti larut malam atau bahkan sampai menjelang pagi. Ia menyusuri jalanan, menembus gang-gang kota dan kampung-kampung. Di malam hari pada umumnya orang tidur, tetapi penjual kacang itu amat yakin Allah membagi rejeki bahkan kepada seekor nyamuk pun. Itu taqwa namanya. Berbeda dari sebagian kalian yang sering tak yakin akan kemurahan Allah, sehingga cemas dan untuk menghilangkan kecemasan hidupnya ia lantas melakukan korupsi, menjilat atasan serta bersedia melakukan dosa apa saja asal mendatangkan uang."

Suasana menjadi hening. Para jamaah menundukkan kepala dalam-dalam. Dan Al-Habib meneruskan, "Istri dan anak penjual kacang itu menunggu di rumah, menunggu dua atau tiga rupiah kerja semalaman. Mereka ikhlas dalam keadaan itu. Penjual kacang itu tidak mencuri atau memperoleh uang secara jalan pintas lainnya. Kalau ia punya situasi mental pencuri, tidaklah ia akan tahan berjam-jam berjualan."

"Punyakah kalian ketahanan mental setinggi itu?" Al-Habib bertanya, "Lebih muliakah kalian dibanding penjual kacang itu, atau ia lebih mulia daripada kalian? Lebih rendahkah derajat penjual kacang itu dibanding kalian, atau di mata Allah ia lebih tinggi maqam-nya dari kalian? Kalau demikian, kenapa di hati kalian selalu ada perasaan dan anggapan bahwa seorang penjual kacang adalah orang rendah dan lebih kecil?"

Dan ketika akhirnya Al-Habib mengatakan, "Maha mulia Allah yang menciptakan kacang, sangat mulia si penjual kacang itu dalam pekerjaannya, serta mulia pulalah kalian yang membeli kacang berdasar makrifat terhadap kemuliaan..." - salah seorang berteriak, melompat dan memeluk tubuh Al-Habib erat-erat.

1987, Emha Ainun Nadjib
dalam buku Seribu Masjid Satu Jumlahnya : Tahajjud Cinta Seorang Hamba (hal. 61)

Semoga ada faedah dan manfaatnya. Terima kasih.

20 komentar:

  1. hiks....masih banyak melakukan kesalahan :(

    BalasHapus
  2. serasa mendengarkan langsung dari Emha, gaya bicaranya khas banget.
    TFS mba :)

    BalasHapus
  3. mbak, cerita bangus banget ya utk pencerahan kita.

    BalasHapus
  4. smg pekerjaan yang kita jalani saat ini mendapatkan kemuliaan juga ya, mbak

    BalasHapus
  5. waw kern banget... terharu. q tunggu yang ke 3 mbak....

    BalasHapus
  6. emha ainun najib..
    dia salah satu penulis yang luar biasa
    chika suka puisi2 nya
    termasuk tulisan yang diatas
    hikmahnya begitu luar biasa^^
    makasih sharingnya mba

    BalasHapus
  7. Seringkali kita memang melihat dari luarnya saja atau merendahkan derajat orang2 dari kalangan bawah padahal jika dibandingkan dengan pajabat2 yang korupsi derajatnya lebih tinggi di mata Allah. Makasih Mba atas pencerahannya....

    BalasHapus
  8. Setelah membaca versi satu dan dua, saya jadi kepikiran untuk membaca bukunya..

    BalasHapus
  9. malam mbak....
    baca ini jadi berniat ngubek2 toko buku buat beli..

    BalasHapus
  10. intinya semua yg diliputi oleh kemuliaan akan selalu membawa berkah kemuliaan yg berlipat ganda begitu maksudnya ya mbak?

    BalasHapus
  11. kadang memang cara penyampaian atau dakwah para ulama dahulu sulit dipahami oleh org awam, padahal ada seribu makna yg berarti didalamnya :)

    BalasHapus
  12. saya juga merasa sebagai muridnya Cak Nun sudah lama Mbak. Buku-bukunya membuat hidup.

    BalasHapus
  13. ups..benar-benar cerita yang bagus mbak......

    BalasHapus
  14. sebuah pencerahan yang berati bagai kehidupan ini kadang manusiahaya memandang dari sudut pandang mata telanjang bukan dari mata batin kita yang kadang kita tertipu oleh pandangan kita

    BalasHapus
  15. cerita yang mengadung banyak makna dan pengetahuan hidup sejati

    BalasHapus
  16. wah dalem nih, inspirasi dari penjual kacang bisa menyangkut ke masalah keimanan, ketaqwaan, dan ketahanan mental..

    sebenernya apapun pekerjaan kita, asal dilakukan dengan mengharap ridho Allah semata insya Alloh rejekinya berkah..

    BalasHapus
  17. Subhanallah,
    tetapi kita seringkali merasa diri lebih dekat dengan Pencipta karena dari penampilan dan atribut, padahal di luar sana banyak orang dengan penampilan biasa dan dengan keihklasan yang tinggi selalu menyandarkan diri semata mencari ridha Allah.
    maka, aku malu karenanya

    BalasHapus
  18. Saya sangat suka dengan lagu2 Emha Ainun Nadjib. Tapi untuk bukunya sendiri, saya belum pernah baca. Dari sinopsis diatas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa apapun yang kita lakukan asal mengharapkan ridho Ilahi, Insyaallah akan berbuah berkah

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)