Selasa, 22 Februari 2011

Menyerah

Setelah sekian lama aku berusaha... akhirnya aku harus mengakui kalau aku tak mampu menjalani semuanya. Aku menyerah.

Ups... mungkin sahabat bingung dengan sambutan dari blogku kali ini ya? Mungkin juga sahabat bertanya-tanya apa yang terjadi padaku sehingga aku menyerah. (hehehe, GR nih aku kayaknya). Oke, sekarang aku akan menceritakan apa yang sedang terjadi padaku dan apa yang membuatku menyerah.

Sekarang harus aku akui bahwa aku menyerah... tak mampu untuk melakukan kunjungan balasan terhadap semua sahabat yang telah mampir di kedua blogku (Catatan Kecilku dan The Others) serta kedua blog Shasa (Place to Study dan Jejak Langkahku).

Sebagaimana telah aku ceritakan sebelumnya, bahwa aku mendapat tugas tambahan dari Shasa. Dia meminta tolong padaku untuk membalas kunjungan semua blogger yang mampir di kedua blognya. Alasan Shasa meminta bantuanku adalah dia tak cukup punya waktu untuk blogwalking. Sementara untuk update blog saja, dia hanya sempat seminggu sekali. Hal itu tentu saja aku maklumi, karena dia harus lebih mengutamakan pelajaran sekolahnya daripada ngeblog.

Namun mengapa aku mendorongnya untuk ngeblog? Alasanku adalah untuk mengembangkan kemampuan menulisnya. Aku melihat banyak manfaat yang didapatkan dari ngeblog. Tak semua orang bisa menulis, itu sebabnya aku berniat mendorong Shasa belajar menulis sejak dini.

Mengapa aku mau meluangkan waktu untuk blogwalking atas nama Shasa? Jawabannya tentu saja adalah sebagai konsekuensi dari upayaku mendorong dia untuk ngeblog. Dengan banyaknya komentar yang masuk, membuat Shasa makin semangat untuk bercerita lewat blog dan review buku. Sehingga, sebagai bentuk dukunganku terhadap semangat ngeblognya maka aku pun mau untuk blogwalking atas namanya.

Masalahnya... waktuku tetaplah terbatas. Sebagai ibu dan istri yang juga bekerja di luar rumah, tentu saja aku harus membagi waktuku. Belum lagi ditambah dengan beberapa kegiatan lain di luar rumah. Selain itu aku selalu berusaha semampuku untuk bisa meng-update blog ini setiap hari. Itu berarti setiap hari ada komentar masuk yang harusnya aku balas kunjungannya. Nah, terbayang kan bagaimana repotnya aku harus membalas kunjungan dari 4 buah blog sekaligus..?

Yang juga menjadi kendala adalah... setelah berpindah ke modem CDMA, kecepatan internetku tak bisa secepat waktu pakai speedy dulu. Sayangnya..., beberapa blog sulit sekali aku buka sehingga aku terkadang merasa putus asa.

Jika ada sahabat blogger yang sudah mampir ke blogku dan blog Shasa, tapi belum dapat kunjungan balik... itu berarti ada 2 kemungkinan :
  • blog sahabat termasuk yang sulit sekali aku buka dengan menggunakan modem CDMA atau HPku
  • aku belum punya waktu untuk berkunjung balik

Untuk itu semua.... aku minta maaf karena tak mampu mengunjungi semuanya satu per satu. Aku menyerah... Namun, aku tetap akan berusaha untuk berkunjung semampuku di lain waktu. Sungguh, aku tak niat pilih kasih sama sekali. Sekali lagi, maafkan aku...

31 komentar:

  1. saya juga mengalami hal yang sama mbak, karena koneksi internet saya yang lemot, sehingga kadang tidak bisa membalas kunjungan pada blog yang berat loadingnya

    BalasHapus
  2. Ngga apa-apa kok Bu Reni, aku tetap setia mengunjungi blogmu dan membacanya.

    BalasHapus
  3. Santai saja mbak, memang terkadang blogger menantikan kunjungan balik. Tapi melihat situasi dan kondisi mbak sekarang pasti kita2nya maklum. Yang terpenting jangan menyerah untuk ng'blog dan mandheg :)

    BalasHapus
  4. Iya mbaa, koneksi lemot itu hambatan terbesar buat BW... saia juga sering gituu.. hikx :'(

    BalasHapus
  5. wajarlah kalau begitu, bw bawa 4 blog sekaligus.
    ngeblognya dinikmati aja mba, jangan dijadikan beban.

    BalasHapus
  6. tulisan atau blog bagus, tetep banyak pengunjung mba.
    aku maklum dengan kesibukan mba yg padat.
    plus koneksi internet yg lemot, hehe...sabar mba :)

    BalasHapus
  7. Jangan menyerah Mb....kalau begitu bisa di maklumi mb..
    Saya juga lagi belajar mengaktifkan 2 blog saya yang sebenarnya bersamaan dibuatnya...
    Hanya saja saya gak bisa seperti mb reni yang bisa aktif ke 4 nya...

    BalasHapus
  8. wah jadi sibuk nih gara-gara blog ya qiqiqiqiqiqi.......

    yah gak papa kok mba sayaq sendiri juga ngeblog kalo sempet aja hehehehehe

    BalasHapus
  9. coba fokus pada salah satu
    blog yg ini bisa menjadi blog bersama anak-ibu.
    kendala jaringan dan waktu merupakan keadaan umum para blogger dan selalu dapat dimaafkan.
    ayo semangaaaaaaaaaat...

    BalasHapus
  10. aku juga punya beberapa blog.
    hanya attayaya.net saja yg di-BW-kan.
    yg lain tidak.
    mengingat waktu yg mepet abesssss

    nb :
    mba reni dan shasha bisa menjadi admin bersama di blog ini, lalu ntar mosting gantian.
    so... BW hanya pada 1 blog saja.

    BalasHapus
  11. di didik jadi blogger ya? mg sukses ya minimal ky raditya dika nantinya. banyak iklan, ngisi acara tv, main film. biasanya anak cewek pengen jadi artis. blog jadi batu loncarat

    BalasHapus
  12. hebat, ibu sama anaknya sama-sama ngeblog... :)

    BalasHapus
  13. Hahaha..kayaknya yang mau ngeblog ini Mbak Reni doang. Shasa sih cuma berniat nyenengin ibunya aja.. :D

    BalasHapus
  14. jangan pernah menyerah y....
    thx

    BalasHapus
  15. Saya sependapat dengan masukannya Mas Attayaya Mbak, hihi..ngekor;

    BalasHapus
  16. seharusnya Shasa yg mengunjungi blog para pengunjungnya. gak usah banyak2. dicicil aja. Jadi, dia bener2 merasa sbg blogger. Tak hanya menulis di blognya tapi juga bw.

    BalasHapus
  17. kalau saya sih konek dari kantor yg super duper kencang. sekali buka bisa belasan blog di tab..

    BalasHapus
  18. tapi blognya tetep dipakai dua2nya kan mbak?

    BalasHapus
  19. teutep usahain mampir ke blog ku ya mbak ada cerita jalan-jalan seru nih mbak....hihihi

    BalasHapus
  20. wah dapet tugas baru ya Mbak..hehe.. tenang saja mbak..

    BalasHapus
  21. lha ya ga pa2 toh mba...
    la wong aku berkunjung gak mengharap kunjungan balasan kok...
    aku berkunjung kalo sekiranya sempat, hanya ingin bersilahturahim saja..

    tp sekiranya mba membalas kunjungan saya, ya saya seneng bgt.

    sibuk trs ya..
    ngurus blognya byk bgt sih... :) hehe

    sama mba sebenarnya blog aku jg byk bgt, mungkin temen2 gak bakalan pada tau brp byk blogku. hehe

    BalasHapus
  22. Tetap semangat mba..., jangn menyerh dong..!

    BalasHapus
  23. tetap semgat mba..hehe..mba rajin posting sih jd kukunjungi trus...hehehe

    BalasHapus
  24. nggak apa-apa mbak, saya maklum koq. sebenernya asal satu aja udah nongol, udah mewakili.. apalagi saya follower itu semua, jadi tiap ada updatean memang prioritas pertama adalah baca dan mampir, sebelum bales komentar..

    makasih banget selama ini kalo komen langsung pake 4 sosok yang beda.. hehehehe.. #kebayang betapa melelahkannya

    BalasHapus
  25. mampir disini, buat nambah teman dan membuat anda berutang blogwalking ke blog saya.... hehehe

    BalasHapus
  26. gak apa-apa mba..
    yang penting tetap menulis..
    laah saya sering kelewat looh tulisan mba Reni..
    jadi sering rapel bacanya.. :)

    BalasHapus
  27. mbak jgn menyerah donk , mbak ....
    kalo mbak ndak sempat bertamu di blog ku ndak apa kok ... tapi jgn terlalu lama ya mbak... aku kangen ntar.

    BalasHapus
  28. wah ayo bun semangat semangat ;D ehehehe semoga modemnya bisa diajak bersahabat. blog ata gampang dibuka kan?

    BalasHapus
  29. Wah emang repot banget kalo punya blog banyak >.< Nggak apa2 lha. Saya juga mengerti. Hehe :D Semangat mbak :D

    BalasHapus
  30. Saya sering terkagum-kagum sama mb.Reny yg sangat menjunjung silaturahmi. Sampe ada 4 komentar di blogku semua dari mb.Reni dan Shasa, ternyata punya Shasa dijawab sama mb.Reny jg ya hahaha.Kebayang kl menjawab semua teman blogger mb.Reni yang berjibun itu.
    Duuh tambah salut nih sm mb.Reny yg support putrinya :)

    BalasHapus
  31. seperti blog aku nih mbak memang berat sekali sejak make GA . saya maklum itu mbak

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)