Sabtu, 19 Februari 2011

Kekuatan kata-kata

Kata-kata memang memiliki kekuatan yang luar biasa. Bukan saja kekuatan untuk membangun, tapi juga untuk menghancurkan. Itu sebabnya kita harus berhati-hati dalam memilih kata-kata yang ingin kita sampaikan. Jangan sampai kita menjadi korban dari kata-kata itu sendiri. Ingat pepatah : Mulutmu harimau-mu.

Dalam kondisi lemah dan tak berdaya, aku juga biasa mencari kekuatan dari kata-kata. Banyak kata mutiara atau kata-kata yang bisa digunakan untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagiku. Dari dulu aku sangat suka mengkoleksi kata-kata mutiara yang aku salin dalam sebuah buku kecil. Tapi sekarang entah dimana buku itu berada.

Kalau di blogku The Others aku suka mempublish kata-kata mutiara, sebenarnya itu lebih ditujukan untukku sendiri. Sekedar untuk mengingatkan aku ataupun untuk memotivasiku. Selama ini aku juga menyimpan kata-kata yang memiliki kekuatan positif yang aku dapatkan dari Pemenang Kehidupan. Dan... kali ini aku ingin membagikan kata-kata itu kepada sahabat-sahabat semua.
  • Penghasilan Anda bukanlah berapa rupiah tiap bulan yang Anda dapat, tetapi berapa rupiah yang Anda simpan dan investasikan.
  • Kata-kata yang menyakitkan ibarat paku yang ditancapkan pada sebuah kayu. Bila paku dicabut, bekasnya akan tetap ada. Maka benar sabda Nabi, berkatalah yang baik atau lebih baik diam.
  • Menurut sebuah riset, seseorang akan menjadi expert di bidangnya jika telah berlatih selama 10.000 jam. Bila Anda berlatih 3 jam setiap hari, 10 tahun kemudian, Anda akan menjadi seorang expert di bidang Anda. Sudahkah Anda meluangkan waktu untuk berlatih hari ini?
  • "Obat adalah untuk pasien, obat bukan untuk mencari keuntungan. Keuntungan akan mengikuti, bila kita selalu ingat, bahwa obat adalah untuk kesembuhan pasien." (George Merck II, pendiri perusahaan farmasi terbesar saat ini, Merck) ---> Bila Anda ingin mulia di kehidupan saat ini dan mendatang, berikanlah yang terbaik untuk orang lain, maka Tuhan akan memberi yang terbaik untuk Anda.
  • Apakah benar kegagalan adalah akhir segalanya? Keberhasilan ataupun kegagalan adalah persepsi kita. Kita sendiri yang menentukan tolak ukurnya. Kegagalan artinya kita belum mampu memenuhi target yang kita buat.., namun itu bukan berarti akhir dari perjuangan kita. Justru kegagalan adalah pembelajaran yang paling berharga, agar kita siap menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi. Lebih siap, lebih kuat dan lebih bersemangat dari sebelumnya.
  • Apa yang terjadi bila seekor ayam yang sedang mengerami telurnya, tidak menahan diri dan tidak bersabar untuk menghangatkan calon buah hatinya? Benar, tidak akan terwujud buah hati yang dia idamkan. Telur bahkan bisa membusuk dan tak berharga. Maka, sudahkah kita bersabar dan menahan diri untuk tidak mudah menyerah dalam meraih impian?
     Terinspirasi saja belum cukup untuk menggapai impian. Perlu kerja nyata dan pengorbanan. Tanpa itu, inspirasi hanya sekedar pelepas dahaga tanpa tahu kemana arah dan tujuan.
  • Pikiran ibarat parasut, hanya berfungsi bila terbuka.., maka bukalah pemikiran Anda.
  • Anda hidup dengan mengambil dan mengeluarkan udara, dengan ini Anda tumbuh dan berkembang.  Demikian pula dengan rizki, bila Anda ingin rizki Anda tumbuh dan berkembang, maka ambil dan keluarkan rizki Anda.., sedekahkan bagi orang-orang yang membutuhkan. Dengan ini rizki Anda akan selalu tumbuh dan berkembang. Milikilah sebuah impian, itulah yang membuat kita punya dermaga untuk berlabuh, tidak terombang-ambing di tengah lautan (@Dhony Firmansyah)
Nah... itulah beberapa kata-kata yang menurutku memiliki kekuatan untuk membangun kita menjadi pribadi yang lebih baik. Apakah sahabat mempunyai kata-kata yang serupa di atas ?

22 komentar:

  1. enlightening bu .. pagi pagi dapet motivasi sekaligus masukan positif untuk saya ..

    happy weekend bersama keluarga

    BalasHapus
  2. wahhhh!!!!

    bagus-bagus tuh mba!!!! hm jadi pengen bikin kata-kata mutiara juga ni!??!!? hhehehehe

    BalasHapus
  3. Wah bagus semua mbak, bakal jadi motivasiku ini :)


    kalau saya dari jaman SD dulu sering berkata dalam hati "Jangan mudah putus asa!", nah dari kata2 ini saya lebih dan terus lebih lagi memperbaiki diri. Memang emosi kan kadang naik-turun, adakalnya juga saya down, cengeng,manja...tapi ketika kata2 tadi terngiang saat itu pula saya bangkit meskipun tidak sempurna ...


    karena semua itu perlu proses, dan keadaan ini yang membuat saya semakin tegar.


    saya juga suka lho mbak, nulis2 kata mutiara. seringkali dapet ini dari sms temen2 deket saya :)

    tambah semangat deh

    BalasHapus
  4. don't play the dice if you can't pay the price

    BalasHapus
  5. itu kata2 yg disampaikan alm. kang ebet kadarusman. ntah beliau dapat darimana.
    tapi aku suka juga dgn kata2 ucapan kang ebet yg terkenal di radio australia tahun 8-an :
    "good pagi selamat morning"

    BalasHapus
  6. wah, rasanya saya ini ayam yang sedang mengeram itu Mbak...godaannya besar sekali

    BalasHapus
  7. mencerahkan nih :)

    kalau saya, ada kata-kata sederhana yang saya suka:
    "kalau tak dicoba, tak 'kan tau hasilnya"
    gara-gara ini saya jadi nyobain banyak hal, meskipun hasilnya saya sering babak belur :p
    tapi saya jadi tau mana yang baik dan yang tidak ^^

    BalasHapus
  8. wah memotivasi ni, saya punya 3 kata yang saya pegang,,

    say thank you, sorry, please..

    BalasHapus
  9. saya paling suka yang : Terinspirasi saja belum cukup untuk menggapai impian.. emang kadang kita kudu butuh action segera.

    one big change starts from one small steps

    BalasHapus
  10. setuju kata2 bisa membangkitkan semangat,bisa juga melemahkan.

    BalasHapus
  11. kata-kata penyemangat pas mood lagi low bat

    BalasHapus
  12. kata mutiara? emangnya mutiara juga bisa ngomong?
    (tulalit dadakan)7664533x....

    BalasHapus
  13. paling suka yang di point ke dua mba.. ttg kata2 yang ibarat paku.. :)

    BalasHapus
  14. wah, mbak reni emang keren dengan segala tulisannya..

    suka dengan "fikiran ibarat parasut, hanya berfungsi bila terbuka".

    emang kita perlu membuka fikiran kita yak mbak, jangan cuma memenjara dengan fikiran kita sendiri :D

    BalasHapus
  15. aku suka kata mutiara yang biasanya ada di bagian bawah buku tulis merek *tiiit*

    exprience is the best teacher..
    hehe

    BalasHapus
  16. jadi inget kantat takwa...
    perjuangan adalah pelaksanaan kata kata...

    BalasHapus
  17. wah yang nomer 2 begitu membekas pada saya mbak...

    BalasHapus
  18. musisi seperti penyanyi nasyid bisa memberikan kekuatan kata-kata dgn lagunya, sehingga pendengarnya jadi punya motivasi untuk beribadah

    BalasHapus
  19. kumpulan kata-kata yang indah mbak dan sangat menginspirasi... thanks ya...

    BalasHapus
  20. Hah.... Liburan gini dikasih kata2 memotivasi kaya diatas serasa tambah cerah Mbak hhe... tapi bener tuh lidahmu harimaumu hhe... Hem.. berarti yg di Blog The Others.. kata2 mutiaranya blum smua donk mbak hhe...

    Met liburan....

    BalasHapus
  21. datang lagi,,baca2 lagi (padahal kemarin udah baca).. Selamat berhari minggu Mbak Ren;

    BalasHapus
  22. salam... ijin membaca dan menggunakannya di kehidupan saya sehari-hari... visit my site : http://elhaitamie.blogspot.com

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)