Rabu, 23 Februari 2011

Dilanda rindu

Aku sedang dilanda rindu. Rindu yang tiba-tiba hadir di hati, mendesak-desak dalam dada. Rindu yang sungguh luar biasa dan... rindu yang tak biasa. Rindu yang mungkin sulit bagiku untuk bisa menuntaskannya.

Kerinduanku kali ini bukan pada seseorang. Namun pada sebuah obyek dan suasana. Entah mengapa, aku tiba-tiba sangat merindukan... perpustakaan! Sudah lama sekali aku tak masuk perpustakaan, tepatnya setelah aku tidak lagi tercatat sebagai mahasiswi. Dan... itu terjadi sudah lewat bertahun-tahun yang lalu (jadi merasa tua deh... hehehe).

Sebenarnya sih, beberapa tahun yang lalu, saat aku sudah menjadi pegawai, aku pernah juga datang sekali ke perpustakaan. Tepatnya perpustakaan daerah. Namun... karena perpustakaan daerah di kotaku kecil, aku jadi tak merasa berada di dalam perpustakaan.

Perpustakaan daerah di kotaku hanya punya koleksi buku yang jumlahnya tak banyak. Beda sekali dengan perpustakaan yang dulu pernah aku datangi sewaktu aku masih kuliah. Perpustakaan dalam kenanganku selalu saja dipenuhi dengan mahasiswa yang sibuk dengan bukunya masing-masing.

Perpustakaan dalam kenanganku masihlah identik dengan kesibukan sebagai seorang mahasiswa. Maklum saja, aku selalu mencari bahan-bahan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah dari buku-buku yang ada di perpustakaan. Aku  dulu juga seringkali membuat tugas-tugas kuliah itu di perpustakaan.

Dulu temanku yang sempat kuliah di luar negeri pernah cerita bagaimana asyiknya perpustakaan di sana. Koleksi buku yang sangat lengkap, fasilitas internet ada dan dibuka 24 jam sehingga sangat memudahkan mahasiswa. Makanya perpustakaan disana tak pernah sepi (kata temanku itu sih... hehe).

gambar diculik dari sini
Aku rindu berada dalam ruangan yang penuh buku

gambar diculik dari sini
Aku rindu berada di antara ratusan buku

gambar diculik dari sini
Aku rindu dengan suasana dari dalam perpustakaan

gambar diculik dari sini
Aku ingin suatu saat bisa berkunjung ke Perpustakaan Negara Tiongkok diresmikan (perpustakaan terbesar ketiga di dunia) yang mempunyai simpanan buku sebanyak 26 juta jilid

Dan... tiba-tiba aku merindukan 'aroma' dari perpustakaan yang penuh berisi buku-buku lama berbaur dengan buku-buku baru. Sungguh, kerinduan yang tak mampu kuungkapkan dengan kata-kata. Kapankah kerinduanku ini akan terobati...?

29 komentar:

  1. mbak reni...rupanya punya kerinduan yang sama dg anakku...wkt liburan semester kmrn ia sangat rindu pergi keperpustakaan daerah kami...dan ia gak pny tmn utk kesana..maka dg terpaksa aku menemaninya, spt waktu SD dulu aku jg suka ngajakin ia kesana....

    BalasHapus
  2. wah sama mbak trahir q ke perpus saat kuliah, tapi sekarang q mensiasati datang ke mall yg ada toko bukunya, pa lagi toko bku tersebut membolehkan pengunjung untuk membacanya. klo blum puas dengan buku tersebut kita bisa langsung membelinya + happy di mall

    BalasHapus
  3. Bener mbaa, Paling suka dengan ketenangan yang ada di perpustakaan... dan lagi 'Aroma' ketika kita menyusuri barisan rak-rak buku itu looh... aromanya khas.. :)

    BalasHapus
  4. perpustakaan di indonesia sayangnya kurang modern, coba kalau tempatnya luas dan dibuat untuk kenyamanan pengunjung pasti perpus jadi tempat main yang asyik

    BalasHapus
  5. wah kirain rindu apa... hehe.. ywdh lah saya juga ke perpustakaan dlu krg, ada buku yang dibutuhin ni... hehe

    BalasHapus
  6. kerinduan.....

    saya juga selalu rindu pada suasana tertentu ketika sedang bengong...

    mudah-mudahan rindunya terobati ya mba,,,,,

    BalasHapus
  7. aku malah kerja di penerbitan, jadi tiap hari "bergumul" dengan buku.

    BalasHapus
  8. wah mb.Reni, perpustakaan dan toko buku itu tempat favoritku juga. Dari dulu smp sekarang, cuma itu tempat paling enak buat menyendiri. Sekarang sih kadang2 suka bawa anak jg.

    BalasHapus
  9. wah
    tumben2 ada yang kangen perpus
    klo saya ke perpus daerah zaman TK sampe SD doang mbak
    hehhehe
    pas udah gede saya alergi perpus
    debunya itu loh gak tahaaaaaaan
    hehhehe

    BalasHapus
  10. Iya klo k perpus saya suka sekali bau buku lamanya,,ahahaha, khas gitu mba...

    BalasHapus
  11. di Palembang perpustakaannya lumayan gede dan tempatnya enak. jadi betah lama-lama di sana.
    btw, kalo mbak reni pergi ke perpustakaan tiongkok itu nanti bingung nggak kalo kebanyakan bukunya berbahasa cina?

    BalasHapus
  12. kerinduan seseorang yang haus ilmu pasti perpustakaan larinya. kalo udah di perpustakaan bisa kuat berapa jam bertahan di sana mbak?

    BalasHapus
  13. secepatnya mbak, kalo mbak nemu perpustakaan ;)

    saya herannya klo di kampus saya mahasiswanya pada onlen di perpus...haduuu, buku2 yang ada malah nggak disentuh sama sekali. trus perpusnya juga sepi banget...hmmm

    BalasHapus
  14. hampir setiap akhir pekan, Sabila minta dipinjemin buku di perpustakaan milik pemkot Tangerang, tapi karena jaraknya yang lumayan jauh dari rumah, dengan sangat menyesal permintaan itu tidak selalu saya turuti. Ada juga perpustakaan di kantor kecamatan, tapi koleksi bukunya hanya sedikit.

    BalasHapus
  15. aku juga ingin kesana, tenggelam dalam aura buku!

    BalasHapus
  16. kalo ke perpustakaan mah, udah puas semenjak kuliah..bawaannya bolak-balik perpus buat cari buku buat daftar pustaka.. hahaha

    boseeen..

    semoga tercapai ya mbak ke tiongkoknya. Gratis!.. keep your dream alive!

    BalasHapus
  17. perpustakaan nasional indonesia pun kecil dan tak nyaman bu,,,, hehehe.. tapi ini serius....

    BalasHapus
  18. di sini mba setiap perpustakaan adalah tempat paling sepi >.<
    jadi miris liatnya

    org2 ke perpusn kalo butuh aja

    BalasHapus
  19. pemerintah kita mengajak masyarakat utk gemar membaca tapi tidak disertai dengan sarananya spt perpustkaan itu, aneh kan, mbak.
    emangnya kita disuruh baca pikiran orang ...???

    BalasHapus
  20. Mantap mbak rindunya mbak, sangat positif dan berguna sekali

    BalasHapus
  21. saya terakhir kali keperpustakaan kelas 2 SMP... T_T

    BalasHapus
  22. pustaka Riau juga besar lho mba
    cuma gatau koleksi apa aja yg ada.
    belom pernah masuk

    BalasHapus
  23. aku juga sedang dilanda rindu sama seseorang yang jauh disana

    BalasHapus
  24. Baca cerita sampean tentang perpus, saya langsung ingat kalau masih nunggak iuran wajib tahunan di perpus daerah (jember), hehe.. Akhirnya jadi kangen juga nongkrong di sana;

    BalasHapus
  25. Wahhh kalau hobbynya baca pasti rindu berat dgn perpustakaan ya MB.
    Sayang ditempatku gak ada mb...kalau mau keperpustakaa musti ke pinang dulu.

    BalasHapus
  26. saya sudah lama banget tidak mengunjungi perpustakaan. Lamaaaa banget.

    Tapi terobati dengan tempat yang sama yaitu toko buku, cuma tempat duduknya nggak senyaman perpustakaanlah ya. :)

    BalasHapus
  27. Halo semuanya!!
    Membaca memang sebuah hal yang menyenangkan selain dapat ilmu, terus jadi sedikit pinter and tau wawasan.

    hay salam kenal yah, jangan lupa singgah yah.
    thanks

    BalasHapus
  28. Gw termasuk orang yang jarang pergi ke perpustakaan Mba *hehehe akhirnya ngaku juga kalo mahasiswa pemalas ini lebih banyak ngabisin waktu berteater ria daripada di perpus*

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)